5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membuat Website Hotel

Bagi sebuah hotel, memiliki website adalah hal penting untuk menjaring calon pengunjung. Terutama jika hotel tersebut memiliki fasilitas yang beda dari yang lain. Website hotel juga bisa menjadi media promosi dan pemasaran.

Agar website hotel dapat bekerja dengan optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa sajakah? Berikut diantaranya.

 

 

Memaksimalkan Review dari Pengunjung

Ulasan atau review dari pengunjung di website hotel sangat berpengaruh untuk perkembangan hotel Anda. Sebanyak 75% pengunjung atau pembaca website hotel tidak terlalu percaya dengan apa yang dikatakan oleh pihak perusahaan.

Mereka lebih percaya dengan ulasan dari pengunjung hotel. Tidak sedikit dari mereka yang mempercayai ulasan, jumlahnya mencapai sekitar 87%.

Hal ini berkat adanya anggapan bahwa ulasan para pengunjung hotel lebih akurat karena didasarkan pada pengalaman. Untuk itulah sebaiknya Anda harus menyortir review mana yang memberikan manfaat bagi hotel Anda.

Di samping itu, batasi ulasan yang kurang memuaskan namun tetap Anda masukkan sebagai data pembanding saja. Makin banyak ulasan positif tentang hotel Anda, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan calon pengunjung.

Gunakan Foto Hotel Berkualitas Baik

Jangan sesekali Anda meremehkan kekuatan sebuah foto mengingat foto dapat mengubah pandangan seseorang terhadap brand Anda. Website hotel yang baik pasti memerlukan foto indah dan berkualitas tinggi untuk memberikan gambaran awal kepada calon pengunjung.

Sebaiknya pasanglah foto-foto terbaik dari setiap sudut hotel secara mendetail. Wisatawan dan calon pengunjung sangat menaruh perhatian pada foto yang Anda pasang.

Tidak hanya foto kamar, Anda juga perlu mencantumkan pula foto menarik fasilitas hotel seperti kolam renang, spa, restoran, dan sebagainya.

Desain Website yang Menarik

Selain foto, hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah desain website yang menarik. Sama halnya dengan foto, orang akan lebih menyukai citra visual yang menarik dan enak dipandang.

Jangan membuat desain website yang cenderung kaku, Anda bisa memilih warna-warna smooth dan sesuai dengan kelas hotel.

Pastikan pula website tersebut mobile friendly sehingga memudahkan calon pengunjung, mengingat segmentasi dan target Anda adalah para wisatawan yang menginginkan informasi secara mudah dan cepat. Buatlah kolom navigasi yang tidak menyusahkan pengunjung, terutama pada kolom review hotel.

Masukkan Keunggulan dan Fasilitas Hotel

Hal penting lainnya yang perlu Anda masukkan dalam website adalah keunggulan dan fasilitas hotel. Mulai dari harga kamar, fasilitas yang didapat, hingga beberapa lokasi menarik di sekitar hotel.

Poin yang terakhir ini akan menjadi nilai tambah, terlebih jika hotel berada di dekat lokasi yang paling ramai dikunjungi banyak orang saat liburan.

Jangan ragu pula untuk menampilkan fasilitas lainnya. Semisalnya saja restoran hotel yang menyajikan menu andalan, fasilitas spa, sauna, atau tempat parkir yang luas. Pastikan informasi tersebut sudah lengkap dan benar adanya.

Anda juga bisa menambahkan fungsi reservasi hotel lewat booking engine. Jika ada perubahan, seperti tarif kamar, sebaiknya segera lakukan perubahan pada website.

Tentu Anda tidak ingin pengunjung merasa kecewa dengan harga yang dipasang di website kemudian berbuah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Buatlah Konten yang Berisi Storytelling

Jika Anda mengulas tentang fasilitas dan apapun tentang hotel, sebaiknya gunakan teknik storytelling. Teknik ini sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan pembaca dan membuat pembaca seolah merasakan hal yang sebenarnya dari hotel tersebut.

Apabila Anda menggunakan teknik formal, mungkin pembaca akan cepat bosan dan tidak ingin mengunjungi website hotel Anda.

Sebaiknya juga buatlah konten yang bersifat bilingual. Ingat, segmen pengunjung hotel tidak hanya dari kalangan wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Dengan menggunakan fitur bilingual seperti Bahasa Inggris, maka akan memudahkan wisatawan dari negara lain. Bahkan Anda bisa menambahkan bahasa lain jika memungkinkan, Mandarin atau Jepang semisalnya.

Jadi, apakah kriteria di atas sudah ada pada website hotel Anda?

Sumber:
Trivago: 5 Real Hotel Websites That Are Inspiring Guests to Book

Baca juga:  Berapa Lama Waktu Pembuatan Website