memilih jasa web developer

6 Tips Penting Memilih Jasa Web Developer yang Tepat

Perubahan model bisnis dari offline menjadi online telah banyak dilakukan oleh pebisnis maupun perusahaan. Dan hal ini membawa kebutuhan baru bagi industri bisnis itu sendiri, yakni kebutuhan akan sebuah website sebagai penunjang eksistensi bisnis di internet saat ini.

Transformasi digital yang lebih tepat disebut terobosan brick to click membawa angin segar bagi penyedia layanan jasa pembuatan website (web developer) dalam membantu memudahkan perusahaan untuk memasarkan produk atau jasanya secara online.

Meskipun begitu, memilih jasa web developer tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk mendapatkan jasa terbaik, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Buat daftar referensi website

Sebelum Anda bertemu web developer dan membicarakan keinginan Anda, buatlah list berisi 2-3 website yang akan Anda jadikan sebagai referensi atau inspirasi untuk website yang akan Anda buat nanti.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencari jasa pembuatan website adalah mencari tahu apa saja elemen yang Anda suka dan tidak suka. Lihat beberapa website dengan desain yang menarik menurut Anda.

Perhatikan juga website yang memiliki tingkat engagement yang tinggi dan ranking tinggi pada website traffic checker.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa saja hal yang Anda sukai dari website tersebut, apa yang tidak disukai dan apa elemen yang harus dikembangkan. Buat daftar jika diperlukan.

Umumnya informasi kontak web developer setiap website terletak di bagian paling bawah website jika Anda ingin menghubunginya.

2. Pertimbangkan portfolio web developer

Jika Anda berhasil menghubungi web developer yang mengerjakan website yang Anda suka, minta mereka untuk menunjukkan portfoliomya. Portfolio akan memberikan Anda gambaran mengenai seperti apa kemampuan dan “gaya” web developer. Dari sini Anda juga bisa memutuskan apakah Anda akan menggunakan jasa mereka atau tidak.

Baca juga:  Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

3. Memilih web developer dari pengalaman teman

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum memilih jasa pembuatan website adalah mencari referensi dari orang lain. Banyaklah bertanya kepada orang lain yang sudah lebih dahulu menggunakan jasa pembuatan website.

Akan lebih baik jika Anda bisa bertanya dan mencari referensi dari pemilik website yang Anda suka. Misalnya, mengenai kecepatan dan profesionalisme web developer ketika mengerjakan website.

4. Perhitungkan biaya yang akan dikeluarkan

Ingat, membuat website dengan desain yang menarik, efektif dan sesuai dengan semua kebutuhan Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Faktor-faktor seperti desain, jumlah halaman, fitur tertentu dapat mempengaruhi harga pembuatan website.

Selalu ingat budget Anda dan tanya ke penyedia jasa web development rata-rata biaya per project yang mirip dengan project Anda. Akan baik jika angka tsb. sesuai dengan budget Anda. Namun, jika rentang hargana terlalu jauh, Anda perlu mencari penyedia jasa yang lain.

5. Mencari tahu kejelasan layanan web developer

Jika Anda awam tentang website, ajukan beberapa pertanyaan berikut kepada penyedia jasa pembuatan website yang Anda pilih:

  • Kapan Anda bisa mulai mengerjakan project saya?
  • Berapa lama kira-kira website akan selesai?
  • Apa yang harus saya berikan (data atau konten misalnya) sebelum Anda mulai mengerjakan?
  • Apakah harga yang diberikan termasuk pembuatan website mobile friendly?
  • Apakah ada jasa support atau maintenance setelah website selesai?
  • Siapa yang berhak atas desain website nanti (Anda tentu ingin memiliki desain itu untuk Anda sendiri)?
  • Siapa saja yang akan mengerjakan website saya? Tim dari Anda (web developer) atau outsourcing?

6. Lihat kecocokan dengan bisnis Anda

Anda tentu menginginkan web developer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau organisasi Anda. Hal ini penting terutama untuk tim kecil dimana pertemanan pribadi terbentuk bahkan sering kali menjadi kunci keberhasilan.

Baca juga:  10 Tren Desain Web di Tahun 2017

Pengalaman itu penting tapi begitu juga value yang perusahaan Anda pegang. Apakah budaya perusahaan Anda kaku, disiplin dan ambisius? Atau atmosfirnya lebih santai dan tidak terlalu kaku?

Tingkat kesesuaian value dan budaya antara calon penyedia jasa dengan perusahaan Anda adalah indikator yang baik untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

Anda mungkin akan bekerja sama dengannya dalam jangka waktu yang panjang. Idealnya kepribadian developer Anda 60% cocok dengan list value yang penting bagi perusahaan Anda.

Sumber:
Eternity: 6 Tips for Hiring a Great Web Developer