Raih Audiences yang Lebih Luas dan Lebih Baik Menggunakan Google Analytics

Tak jarang Anda kehabisan ide untuk mencari tahu bagaimana cara meluaskan jangkauan pengunjung (audiences, visitor) website Anda. Memang pada awalnya Anda bisa mencari tahu pola maupun kesamaan antar target audiens melalui informasi traffic halaman website.

Namun, seiring waktu berjalan, strategi tersebut membutuhkan lebih banyak informasi, data, dan analisis lebih lanjut yang sulit untuk Anda lakukan sendiri. Google Analytics bisa menjadi solusi untuk Anda.

Google Analytics sendiri merupakan layanan freemium analisis web yang menelusuri dan melaporkan traffic halaman web. Layanan ini diluncurkan pada November 2005 setelah Google mengakuisisi Urchin dan kini menjadi bagian Google Marketing Platform.

Jika Anda ingin meraih audiences yang lebih banyak dengan menggunakan Google Analytics, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Laporan Audiences

Dari Google Analytics Anda akan mendapatkan laporan audience yang memuat begitu banyak informasi, mulai dari pengguna aktif, lifetime value, cohort analysis, audiences, pengguna explore, data demografis audiences, interest dari para audiences, hingga tinjauan luas (overview) audiences Anda.

Langkah awal yang baik digunakan adalah melihat overview pada segmen interests. Kemudian akan muncul data persentase Affinity Category (kesamaan kategori) dan In-Market Segments.

Dari persentase-persentase ini, Anda bisa mengetahui seberapa banyak website Anda bisa menjangkau pengguna dan berapa besar kemungkinan para pengguna tersebut tidak tepat sasaran.

Gunakan persamaan kategori (affinity category) untuk meluaskan jangkauan

Persentase yang dilaporkan oleh Affinity Category dan In-Market Segments memiliki kecocokan dengan pilihan penargetan yang bisa Anda gunakan di Google Ads. Dengan demikian, Anda bisa lebih intensif dalam menjangkau lebih banyak audiences terbaik yang mengunjungi website Anda.

Dapatkan informasi yang lebih dalam lagi

Dalam In-Market Segments, Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar perolehan (acquisition), perilaku (behaviour), dan conversions para pengunjung website Anda dengan cara mengklik tulisan header In-Market..”.

Dengan begini, Anda dapat melihat segmen in-market apa saja yang menghasilkan paling banyak conversion, conversion terbanyak dari sebuah tujuan khusus, atau segmen mana yang memiliki tingkat conversion tertinggi. Jadi, Anda bisa mendapatkan arahan yang lebih baik untuk tujuan bisnis Anda.

Selain itu, Anda pun bisa mengetahui beberapa informasi dari pembagian dimensi di tiap segmen/kategori, mulai dari usia (audiences), kesamaan kategori, browser (ukuran dan versi), kota, benua dan sub-kontinen, negara, jenis kelamin, bahasa, domain jaringan, OS (operating system), region, user type (tipe pengguna), metro, dan beragam kategori lainnya.

Jadi, Anda hanya perlu menegaskan tujuan dan kemampuan bisnis Anda dan beberapa kategori audiences yang menjadi sorotan utama bisnis Anda. Lakukan analisis dan buat strategi yang lebih baik.

 

Baca juga:  10 Tips Sederhana untuk Membuat Konten Viral

Selama bertahun-tahun, Google Analytics telah terbukti mampu membantu para pemilik bisnis dalam mengenal dan mengetahui audiens mereka secara lebih baik lagi. Dari data-data yang didapatkan, Anda dan pebisnis lain pun bisa meramu konten-konten yang tidak hanya menarik, tapi juga tepat sasaran.

Mulai dari jenis konten, kata kunci yang paling sering digunakan audiens untuk mengunjungi web, hingga memantau audiens yang mengakses web menggunakan perangkat mobile.

Semakin besar jangkauan audiens yang Anda raih, maka semakin banyak pula data yang akan Anda dapatkan. Dengan Google Analytics, hal-hal tersebut bisa dilakukan secara lebih cepat dan praktis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber : 
Wordstream : How to Find Bigger AND Better Audiences to Reach Using Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *