Mengikuti Transformasi Digital

7 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memutuskan untuk Mengikuti Transformasi Digital

Saat ini tranformasi digital bukan lagi sekadar keinginan, melainkan telah menjadi kebutuhan bagi setiap bisnis dan perusahaan.

Terlepas dari seberapa besar skala bisnis Anda, transformasi digital sudah tentu akan lebih efisien dan efektif dalam hal proses, layanan, maupun inovasi.

Apabila Anda memutuskan untuk mengikuti transformasi digital yang efektif, sangat penting untuk mengetahui hal-hal di ,balik kesuksesan sebuah transformasi digital berikut ini. Yuk simak!

Perkembangan teknologi terkini

Mengikuti transformasi digital tentu akan banyak memberikan perubahan pada jalannya bisnis Anda. Untuk itu, ada baiknya jika transformasi digital dimulai dari pola pikir yang sudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian canggih setiap harinya.

Setidaknya Anda wajib mengetahui dan memahami cara penggunaan teknologi tersebut agar tidak tersesat saat mengikuti transformasi digital.

Misi utama yang akan dituju

Pada praktiknya, banyak bisnis atau perusahaan yang gagal dalam mengikuti transformasi digital, sebab beranggapan bahwa teknologi merupakan satu-satunya hal utama yang harus dipelajari.

Padahal, teknologi tersebut merupakan alat yang akan Anda manfaatkan untuk membantu bisnis dalam menghadapi tantangan dan persaingan.

Dengan begitu, agar transformasi digital berjalan efektif, Anda harus lebih dulu menentukan misi utama yang akan dituju dengan menggunakan teknologi tersebut.

Transformasi digital berarti juga membutuhkan manajemen perubahan dalam rangka mencapai misi utama tadi. Oleh karena itu, transformasi digital yang efektif hanya dapat dicapai dengan komitmen penuh pada seluruh komponen bisnis dan perusahaan Anda.

Pihak-pihak yang akan terlibat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, transformasi digital harus dibarengi dengan adanya misi utama yang akan dituju oleh seluruh komponen yang ada.

Dalam hal ini, komponen berarti pihak-pihak yang akan terlibat dengan usaha Anda. Sangat penting untuk memastikan pihak yang terlibat tersebut telah memiliki keyakinan pada transformasi digital.

Baca juga:  Transformasi Digital Bisa Jadi Gagal, Ini 3 Alasannya

Hal ini akan berguna untuk mengatasi hambatan dalam mencapai transformasi digital. Tentu saja jika seluruh pihak harus terlibat, ini berarti seluruh informasi mengenai transformasi digital harus sampai ke seluruh bagian.

Pastikan seluruh rencana aksi telah diinformasikan dan diterima oleh masing-masing pihak di perusahaan Anda.

Pihak yang kemungkinan menjadi penghambat

Rasa pesimis dapat muncul, baik dalam tahap rencana maupun pada proses transformasi digital. Untuk itu, Anda hanya dapat mempercayai pihak yang memiliki rasa percaya diri dan optimisme selama mengikuti transformasi digital.

Sebaiknya hindari pihak-pihak yang kemungkinan hanya akan menjadi penghambat usaha Anda dalam mengikuti transformasi digital.

Pihak penghambat ini bisa jadi justru berada di lingkungan internal perusahaan Anda yang belum akrab dengan perubahan teknologi digital.

Kolaborasi berbasis teknologi

Jika sebelumnya kerjasama tim akan dilangsungkan secara manual atau konvensional, maka saat melakukan transformasi digital Anda wajib mengubah hal tersebut.

Transformasi digital memerlukan kolaborasi tinggi untuk mempercepat proses. Hal ini tentu saja akan memecah pembatas antara beberapa bagian di dalam perusahaan, mulai dari bisnis, pengembang, dan operasional.

Kerjasama lintas departemen sangat dibutuhkan, termasuk dengan mengubah cara bisnis berkomunikasi dan berkolaborasi secara teknis dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Ketersediaan infrastruktur IT

Saat melakukan proses transformasi digital, pastikan infrastruktur IT telah tersedia dengan lengkap untuk mendukung kelancaran proses.

Untuk dapat lancar melakukan transformasi digital, perusahaan juga harus memiliki ekosistem digital yang mendukung live testing. Jangan ragu merekrut tim penelitian dan pengembangan untuk menentukan layanan atau fitur selanjutnya yang akan diciptakan.

Semakin sering Anda memproduksi inovasi, maka semakin tinggi pula efisiensi, efektivitas dan tingkat daya saing bisnis Anda.

Baca juga:  5 Pertanyaan Ini Bisa Menentukan Transformasi Digital Anda

Mengoptimalkan perangkat yang ada

Selama mengikuti transformasi digital, investasi perangkat tentu akan menguras anggaran dana yang cukup besar jika Anda tidak bersikap selektif.

Ada baiknya mulai sekarang biasakan untuk mengoptimalkan perangkat yang ada sebelum berinvestasi untuk perangkat canggih lainnya. Pastikan Anda melakukan pemantauan terlebih dulu untuk bisa mengoptimalkan perangkat yang ada.

Jika diperlukan, Anda bisa memanfaatkan jasa konsultasi dari ProgressTech yang akan melakukan pendampingan untuk memastikan Anda dapat mengadopsi strategi digital yang tepat dan sukses dalam melakukan implementasinya.

Konsultasi tersebut tentu sejalan dengan transformasi digital yang bertujuan untuk mengubah cara konvensional Anda dalam menjalankan proses bisnisn menjadi cara baru yang bisa memberikan keunggulan baru kepada Anda.

ProgressTech selalu berusaha untuk mengerti dan menjawab kebutuhan pelanggan dengan menyesuaikan teknologi dan fitur yang diimplementasikan.

Didukung dengan teknologi terkini yang disusun dalam bahasa pemrograman yang mudah dipahami, konsep website, serta fitur-fitur paling up-to-date.

ProgressTech memprioritaskan kebutuhan konsumen dan membantu memberikan solusi terbaik dengan harga yang sebanding dengan fitur dan nilai tambah yang diberikan.

Tunggu apa lagi? Segera konsultasikan bisnis dan perusahaan Anda bersama ProgressTech melalui info@progresstech.co.id

Sumber:
Econsultancy: Four digital transformation secrets, revealed