memilih mobile app developer

Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda

Membuat mobile app untuk usaha Anda tentu bukan hal yang boleh dilakukan dengan asal. Apalagi saat ini sudah banyak developer yang menjanjikan kualitas dan kecepatan.

Tetapi, mengapa tidak semua yang terkenal berkualitas dan cepat itu baik? Kalau begitu sebaiknya Anda memilih developer untuk mobile app Anda dengan cara apa? Temukan caranya di sini.

Cari Developer yang Betul-betul Tetarik untuk Mengerjakan Proyek Anda

Yang pertama, Anda sebaiknya mencoba untuk mencari banyak developer untuk proposal pengerjaan mobile app Anda. Kemudian, cari kira-kira yang mana dari developer tersebut yang serius untuk mengerjakan proyek Anda.

Tentunya, ada beberapa mobile app developer yang terlihat lebih antusias daripada yang lainnya. Ketika developer ini sudah antusias, mereka akan lebih semangat dalam mengerjakan proyek Anda. Pastinya ini adalah tanda yang baik.

Melihat Porto Folio Mereka dengan Jeli, Utamakan yang Memiliki UI Baik

Selain antusiasme, Anda juga sebaiknya memperhatikan porto folio dari para developer dengan baik. Utamakan mereka yang bekerja dengan menghasilkan UI atau user interface yang baik.

Beberapa developer mungkin terlalu sibuk dengan dekorasi dan yang lainnya, jadi meski terlihat mewah, para user yang tidak awam akan kesusahan menggunakannya. Ada juga developer yang berfokus pada UI saja, sehingga para user awam akan mudah menggunakannya.

Mengapa disarankan developer yang memiliki UI baik? Karena tujuan akhir Anda adalah membuat user bertahan dengan aplikasi. Karena itu, ketika aplikasi tersebut mudah digunakan, setidaknya mereka tidak akan komplain mengapa aplikasi Anda tidak bekerja dengan baik.

Namun bila ada developer yang menghasilkan app dengan UI dan desain yang bagus, Anda bisa mencoba untuk bekerja sama dengannya.

Baca juga:  10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Mobile

Meminta Rekomendasi dari Orang Lain

Cara lain adalah dengan meminta rekomendasi orang lain. Ambil rekomendasi dari setidaknya 10 orang yang pernah membuat mobile app setipe dengan Anda. Lihat respon dari rekomendasi tersebut, apakah banyak yang sama atau tidak.

Ketika banyak yang sama, Anda boleh mempertimbangkan developer tersebut. Kalau tidak, cari developer yang punya UI terbaik menurut Anda.

Jangan Sekadar Mencari Harga Murah, Kualitas Harus Diutamakan

Hal keempat yang bisa menjadi tips untuk memilih mobile app developer yang tepat adalah mengenai harga. Mungkin harga murah dengan penyelesaian yang cepat bisa jadi opsi menarik, namun apakah kualitasnya benar-benar bagus? Kalau kualitas memang oke, tidak masalah namun bila tidak sebaiknya jangan memaksakan.

Kualitas dari mobile app Anda akan menjadi wajah dari usaha Anda di mata user yang akan jadi calon pelanggan. Ketika kualitasnya kurang baik, tentunya citra Anda jadi buruk di mata mereka.

Lebih baik Anda keluarkan bujet sedikit lebih banyak untuk kualitas yang lebih. Daripada harus menanggung malu karena mobile app Anda tak bisa digunakan dengan baik setelah peluncuran nantinya.

Bekerja Samalah dengan Tim yang Memang Mau Bekerja Sama dengan Anda

Menyambung dari poin yang pertama, intinya dalam memilih mobile app developer, selain soal harga, kualitas, kecepatan dan saran dari orang lain, Anda harus mencari orang yang memang berniat untuk bekerja sama dengan Anda.

Dengan adanya rasa ingin bekerja sama dari dua arah, Anda akan dengan mudah berbicara dengan mereka dan menjadikan mobile app Anda sempurna.

Anda tak boleh main-main dalam memilih developer untuk mobile app Anda. Asal murah dan cepat tapi hasil berantakan juga tidak oke. Mahal dengan kualitas baik tetapi sangat lama dalam pengerjaan juga sebaiknya tidak jadi pilihan.

Baca juga:  10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Mobile

Mencari developer yang berada di tengah-tengah dua kriteria tersebut memang tak mudah. Namun ketika Anda sudah menemukan yang benar-benar tertarik untuk mengerjakan proyek Anda, pastinya mobile app tersebut akan jadi sesuatu yang memuaskan kedua belah pihak.

Untuk itu, Anda bisa mulai dengan konsultasi gratis dengan kami mengenai kebutuhan mobile app untuk bisnis Anda. ProgressTech menyediakan layanan pengembangan aplikasi mobile berbasis Android dan iOS yang dapat diakses secara lebih mudah, berkualitas serta fungsi yang optimal.

Sumber:
Medium/@Imaginovation: 7 Tips for Choosing a Mobile App Developer