penjualan lewat twitter

5 Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Twitter

Salah satu media sosial yang kerap digunakan oleh para pengusaha adalah Twitter. Media sosial ini memang bukan tempat untuk hard selling tetapi bukan berarti Anda tak bisa meningkatkan penjualan lewat Twitter.

Bila digunakan dengan tempat, media sosial ini bisa berkontribusi untuk kenaikan penjualan Anda. Bagaimana caranya?

1. Buat Akun Anda Memiliki Persona

Sebaiknya Anda memulai dengan membuat persona untuk akun Twitter Anda. Bayangkan jika akun ini adalah orang sungguhan, seperti apakah orangnya? Bagaimanakah ia akan menjawab? Cuitan seperti apa yang akan ia tulis?

Dengan memiliki persona, Anda akan lebih mudah untuk menulis cuitan di Twitter. Selain itu, akun Anda pun tak akan terasa seperti robot. Dengan gaya penulisan yang luwes dan believable, Anda akan mudah mendapatkan follower baru. Semakin banyak follower, daya sebar produk atau jasa Anda akan semakin luas, bukan?

2. Gunakan Hashtag

Penggunaan tagar (hashtag) bukan sekadar untuk acara tertentu saja, ada baiknya Anda menggunakan hal ini di setiap tweet. Karena, hashtag yang menempel di brand Anda bisa digunakan oleh para pelanggan atau calon konsumen untuk berkomunikasi dengan Anda secara tak langsung.

Misalnya, Anda melakukan sebuah event dan memberikan hashtag untuk acara tersebut. Kemudian, hashtag ini akan digunakan oleh mereka yang datang di event tersebut. Baik mereka yang sudah jadi pelanggan Anda atau belum.

Ketika mereka nge-tweet dengan hashtag tersebut, Anda bisa berinteraksi dengan mereka. Baik dengan sekadar me-retweet dan like, atau dengan membalas posting-an mereka.

Dengan adanya hal ini, setidaknya Anda akan memberikan kesan bahwa perusahaan Anda adalah tempat yang friendly dan bisa menjadi pembuka hubungan yang baik dengan calon pelanggan.

Baca juga:  Cara Kreatif Menggunakan Instagram untuk Bisnis

3. Bekerja Samalah dengan Influencer Bila Perlu

Cara ini sama seperti dengan endorse di Instagram. Meski lebih populer di media sosial tersebut, bukan berarti Twitter tak bisa melakukan cara yang sama. Namun, berbeda dengan Instagram yang memainkan foto, Anda bisa memainkan kata-kata dan/atau video yang lebih dari satu menit lamanya.

Pastikan Anda bekerja sama dengan Influencer yang tepat agar bisa menggaet pasar yang pas. Contohnya ketika Anda adalah perusahaan tas, maka sebaiknya Anda menggaet Influencer yang memang berkutat di dunia fashion.

Dengan begitu, ia akan bisa memberikan post yang tidak terkesan sebagai iklan dan bisa membuat orang tertarik untuk menggunakan hal yang sama dengan Influencer tersebut.

4. Jangan Ragu untuk Membalas Komentar

Kembali lagi ke soal customer service. Tak hanya memiliki persona dan juga aktif memberikan perhatian pada pelanggan atau calon konsumen yang bercuit tentang Anda, sebaiknya Anda juga tak ragu untuk membalas komentar yang diberikan ke tweet Anda.

Dengan memberikan balasan, brand Anda akan dianggap cukup bersahabat sehingga mereka akan terus mem-follow Anda. Setidaknya, mereka akan terus bertahan dan melihat tweet Anda, siapa tahu mereka akan melakukan pembelian nantinya.

5. Belajar dari Kompetitor

Yang terakhir adalah belajar dari kompetitor Anda. Tentunya, hal ini bukanlah hal yang mudah meskipun terlihat demikian. Setidaknya, Anda harus mengetahui strategi mereka terlebih dahulu untuk bisa mengimplementasikan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

Contoh saja Wendy’s. Retail fast food ini memiliki cara tweet yang sebenarnya cukup kasar namun asyik diikuti. Karena strategi mereka yang tepat sasaran dan waktu tweet-nya pun tidak kacau.

Ketika Anda mentah-mentah mengikuti caranya tanpa tahu momen yang pas untuk mengatakan hal kasar tersebut, tweet Anda justru akan terasa merendahkan orang lain sehingga pelanggan (bahkan calon pelanggan) Anda bisa menjauh.

Baca juga:  16 Cara Untuk Mencari Klien Dengan Media Sosial

Inilah beberapa cara meningkatkan penjualan lewat Twitter. Meski bukan dengan cara hard selling, pembangunan citra lewat media sosial ini bisa mengumpulkan massa untuk Anda. Sehingga, pesebaran hal-hal yang ingin Anda promosikan nantinya pun bisa makin luas. Selamat mencoba.

Sumber:
SearchengineJournal: 11 Ways to Skyrocket Your Ecommerce Sales on Twitter