perencanaan membuat website

8 Langkah Perencanaan Membuat Website yang Efektif

Pemeliharan yang baik pada website tak pernah ada habisnya, selalu ada ruang untuk mengembangkan kembali desain yang sudah ada. Meskipun desain web lebih berfokus pada kegunaan daripada sekedar tampilan yang bagus. Namun, keduanya harus berjalan seimbang karena tanpa usability situs web tidak akan berguna.

Untuk itu, ada beberapa perencanaa membuat website yang perlu diperhatikan sebelum Anda membuatnya seperti menganalisis kebutuhan pengguna, desain yang sesuai dengan brand bisnis agar meningkatkan konversi dan sebagainya.

Dan yang paling penting dari perencanaan tersebut yakni memudahkan Anda dalam menyampaikan pesan kepada pengguna mengenai tujuan bisnis Anda. Seperti berikut ini.

Tujuan Website

Tujuan setiap orang membuat website berbeda-beda. Ada yang bertujuan mendapat peningkatan penjualan, branding, menginformasikan company profile, mengumpulkan alamat email yang dijadikan sebagai target prospek, dan sebagainya.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa tujuan dibuatnya website tersebut? Hal ini akan menentukan beberapa komponen layout desain website Anda dan membantu Anda fokus dengan cara agar user bisa menggunakan website tersebut untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Target Audiens

target audiens

Menentukan target user website Anda bukan merupakan hal yang mudah. Dibutuhkan banyak riset agar dapat mengetahui siapa saja target user secara spesifik. Elemen ini akan berpengaruh ke banyak hal, seperti desain, ukuran tombol, jenis dan ukuran font, konten dan sebagainya.

Lebih lanjut dalam menentukan konten yang tepat untuk user, gunakan Google Keyword Tool untuk melihat traffic keyword yang relevan. Tool ini membantu Anda dalam membuat konten yang relevan dengan user.

Kerangka Website

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat website selanjutnya adalah mempersiapkan kerangka website yang tepat. Diskusikan hal ini dengan penyedia jasa pembuatan website yang Anda pilih.

Baca juga:  Belajar Mendesain Web untuk Pemula

Jika sudah yakin dengan kerangka website yang dirancang, mulai tulis apa saja halaman yang perlu dibuat beserta dengan judul dan sub judul masing-masing.

Pikirkan konten apa yang dibutuhkan untuk setiap halaman agar bisa membangun engagement dengan user.

Tema Warna

tema warna website

Less is more, termasuk untuk pemilihan tema website. Semakin sederhana tema yang digunakan, maka akan semakin efektif pula website tersebut karena tidak akan membingungkan user.

Tema dengan layout dan warna yang sederhana akan memudahkan user untuk menemukan tombol call to action (CTA) dan menavigasi website.

Beberapa industri tertentu umumnya telah memiliki warna tema sendiri. Misalnya warna hijau untuk industri ramah lingkungan dan warna biru untuk industri teknologi. Putuskan penggunaan warna dengan web developer Anda atau desainer grafis.

Konten

Ada anggapan yang terkenal dalam dunia digital, yaitu “konten adalah raja”. Anda disarankan untuk membuat setidaknya sekitar 200 karakter teks untuk setiap halaman. Beranilah dalam membuat sebuah konten yang memang mampu menarik perhatian user dan efektif “terbaca” oleh mesin pencari seperti Google.

Tujuan Halaman Web

Walaupun memiliki tujuan utama yang sama, tetapi setiap halaman memiliki fungsi dan tujuan yang spesifik masing-masing. Misalnya untuk mendorong user agar memberikan email mereka, memasukkan informasi kartu kredit, atau mengikuti event tertentu.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Pembuatan Website jakarta

Anda juga membutuhkan CTA yang berbeda-beda untuk membuat user dapat melihat dengan jelas apa yang harus mereka lakukan pada halaman terkait. Uji setiap halaman dengan CTA yang dipasang dan evaluasi mana yang terbaik.

Kebutuhan Bisnis

Jenis platform yang Anda gunakan bergantung pada kebutuhan Anda membuat website. Ada orang yang cukup menggunakan Content Management System (CMS) milik WordPress misalnya.

Baca juga:  Panduan Cara Membeli Domain untuk Pemula

Namun ada juga yang memilih untuk membangun website menggunakan bahasa pemograman dari awal mula demi menyesuaikan hasil website dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Layanan Hosting

Ada banyak penyedia hosting dengan kekurangan dan kelebihannya. Untuk memastikan Anda mendapat layanan terbaik, pilih penyedia hosting yang memberikan layanan 24 jam untuk Anda.

Hati-hati, jika bot Google mengunjungi website Anda ketika server sedang down, maka peringkat website Anda di Google bisa sangat terpengaruh secara negatif.

Sumber:
BeautifulLife: Website Design Checklist – Simple Plan for Website Creation