pertanyaan transformasi digital

5 Pertanyaan Ini Bisa Menentukan Transformasi Digital Anda

Sejak beberapa tahun belakangan ini, dunia bisnis tengah melangkah ke era digital. Sudah mulai banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital, mulai dari penerapan software hingga penerapan strategi digital marketing.

Meski transformasi digital memang diperlukan dan relevan dengan kondisi bisnis sekarang, Anda tetap tak boleh terburu-buru dalam melakukannya.

Setidaknya ajukan lima pertanyaan ini terlebih dulu kepada diri Anda sendiri untuk memastikan bahwa bisnis Anda memang siap untuk melakukan transformasi digital.

jasa pembuatan website

Apakah ini memang transformasi digital atau sekadar upgrade digital?

Transformasi digital dan upgrade digital memiliki perbedaan yang tipis. Banyak perusahaan yang awalnya berencana menjalankan transformasi digital, tetapi justru berakhir hanya melakukan upgrade digital.

Mereka menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi terhadap suatu hal yang sudah dikerjakan oleh bisnis Anda. Contohnya seperti menambah jumlah anggara pemasaran untuk channel digital.

Padahal, transformasi digital baru terjadi ketika Anda dan tim menggunakan teknologi digital untuk mengubah operasional, khususnya terkait interaksi dengan konsumen.

Apple, misalnya, menggunakan jaringan developer untuk menciptakan software bagi perangkat-perangkat mereka.

Tujuan apa saja yang ingin Anda capai?

Tanpa adanya tujuan yang pasti, Anda akan lebih susah untuk menjalankan transformasi digital. Anda tidak memiliki target yang bisa menjadi patokan dan motivasi untuk dicapai.

Umumnya, ada dua tujuan yang diterapkan para perusahaan terkait transformasi digital, yakni meningkatkan pemasukan dengan meningkatkan pengalaman konsumen dan mengurangi biaya pengeluaran dengan meningkatkan efektivitas operasional sehari-hari.
Dengan adanya tujuan pula, Anda pun dapat lebih mudah mengukur kesuksesan transformasi digital.

Sudah siapkan tim Anda menghadapi perubahan?

Agar transformasi digital berjalan sukses, sejak awal Anda harus memiliki rencana dan tim yang solid. Pastikan pula tim ini mempunyai kemampuan yang mumpuni terkait digital.

Baca juga:  Apa itu Transformasi Digital? Berikut 4 Hal yang Harus Anda Ketahui

Pada beberapa kasus, bisa saja Anda harus merekrut pegawai baru, tetapi bisa juga Anda menjembatani perubahan yang terjadi dengan menggunakan perangkat atau software khusus.

Apapun pilihannya, susun perencanaan sematang mungkin sebelum memulai transformasi digital.

Pertanyaan ini sangat penting diajukan mengingat transformasi digital merupakan proyek yang berkelanjutan. Anda tak bisa merekrut pegawai selama sementara waktu dan berharap kondisi bisnis kembali seperti sebelum transformasi dilakukan.

Saat transformasi digital selesai diterapkan, bisnis Anda akan beroperasi secara berbeda. Karenanya, pastikan tim Anda siap dengan perubahan tersebut.

Bagaimana IT bisnis akan mendukung strategi bisnis Anda?

Transformasi digital pasti akan membutuhkan dukungan IT yang kuat mengingat ada banyak software atau perangkat teknologi baru yang digunakan.

Dengan asumsi bahwa Anda sudah memiliki strategi bisnis yang jelas, sebaiknya Anda kembali mengevaluasi strategi IT bisnis selama 3-5 tahun ke depan.

Dengan begini, Anda bisa memastikan agar strategi IT sejalan dengan transformasi digital yang dilakukan di perusahaan. Anda juga dapat menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan transformasi ini.

Seberapa jauh Anda bersedia melakukan kustomisasi software?

Ketika memutuskan untuk melakukan transformasi digital, artinya Anda sudah harus siap akan perubahan. Salah satunya dengan kustomisasi software.

Dari yang semula melakukan berbagai pekerjaan secara manual, kini Anda dan anggota tim harus bersedia untuk memanfaatkan software tertentu, misalnya mengadaptasi software HR untuk mengelola karyawan atau software akuntansi untuk menangani finansial bisnis.

Meski begitu, terlalu banyak kustomisasi software juga kurang baik karena bisa saja sia-sia tak terpakai. Jadi, sejak awal coba cari tahu kebutuhan apa saja yang bisa Anda cover dengan kustomisasi software sehingga operasional bisnis berjalan lebih efektif.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa UKM Wajib Memanfaatkan Transformasi Digital

Transformasi digital memang dapat membawa pengaruh positif terhadap bisnis. Namun, sebelumnya ajukan kelima pertanyaan di atas pada diri Anda agar implementasi berjalan efisien. Good luck!

Sumber : 5 Questions that Define Your Digital Transformation