4 Cara Efektif untuk Mempromosikan Produk

Jika Anda telah menemukan produk yang ingin dipasarkan dan telah membuat online store, kini saatnya bagi Anda untuk melakukan promosi produk. Saat bisnis Anda sudah mulai berjalan, Anda perlu mengarahkan lalu lintas ke toko Anda untuk menutup penjualan.

Entah Anda tengah melakukan penjualan pertama atau mendorong penjualan produk dari bisnis yang sudah Anda jalankan, ada baiknya Anda menemukan lebih banyak cara untuk mempromosikan produk Anda. Bagaimana caranya? Berikut informasinya!

Pinterest

Pinterest adalah tempat yang tepat jika Anda ingin membeli atau menjual produk secara online. Sebanyak 93% dari pengguna aktif Pinterest menyebut bahwa mereka memilih Pinterest untuk melakukan perencanaan pembelian. Tidak mengherankan bila orang-orang menggunakan Pinterest untuk membuat wish lists (daftar keinginan).

Kondisi tersebut menjadikan Pinterest sebagai platform yang oke untuk mempromosikan produk Anda – terutama produk yang ditampilkan dengan baik. Pinterest juga cenderung bertahan untuk waktu yang lama. Tidak jarang postingan Pinterest dapat dilihat selama berbulan-bulan setelah diposting.

Anda dapat mengoptimalkan Pinterest Anda dengan melakukan posting ketika lebih banyak orang sedang online. Pastikan juga Anda menggunakan kata kunci yang tepat dan gambar menarik untuk semakin meningkatkan penjualan.

SEO

Anda juga bisa melakukan promosi produk dengan memanfaatkan SEO atau Search Engine Optimization. Meskipun manfaatnya mungkin tak bisa dirasakan seketika, cara ini cukup efektif karena menawarkan salah satu dari sedikit peluang untuk membangun lalu lintas web yang dapat diprediksi dan dikuatkan.

Perlu pula Anda ketahui bahwa strategi pencarian yang efektif melibatkan sejumlah langkah, mulai dari membentuk strategi kata kunci hingga melakukan penelitian kata kunci yang lebih rinci.

Langkah-langkah tersebut diperlukan untuk mengoptimalkan arsitektur dan kinerja situs Anda (misalnya halaman kategori) untuk membuat tautan kembali ke situs web Anda. Perjuangannya memang berat, namun hasilnya cukup menjanjikan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Program afiliasi

Jika Anda berjuang untuk menghasilkan penjualan namun tidak memiliki uang untuk menyewa bantuan penjualan atau pemasaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan program afiliasi ke toko Anda. Program pemasaran afiliasi memungkinkan orang lain untuk mempromosikan produk Anda untuk mendapatkan komisi.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang setiap kali produk Anda terjual melalui program ini. Program afiliasi biasanya berfungsi dengan membuat URL khusus untuk setiap orang yang mempromosikan produk Anda. +

Mereka dapat membagikan link yang Anda berikan melalui sosial media, di postingan blog yang me-review produk Anda, atau bahkan di video YouTube tempat produk Anda dipamerkan.

Melalui link khusus tersebut, Anda akan dapat melacak siapa saja yang mendorong penjualan produk Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat memberikan kompensasi yang selayaknya.

Referral marketing

Referral marketing, juga dikenal sebagai pemasaran dari mulut ke mulut, merupakan salah satu metode pemasaran tertua di dunia. Pemasaran rujukan adalah tentang mengajak orang lain untuk berbicara tentang produk Anda.

Semakin sering orang-orang membicarakan produk Anda, semakin besar pula kesempatan Anda melakukan peningkatan penjualan.

Saat ini, Anda juga dapat menggunakan web untuk mendorong lebih banyak referral marketing. Penggunaan metode ini tidak hanya memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak audiens, tetapi juga mempermudah orang lain untuk berbagi konten Anda dan bagi Anda untuk melacak dampaknya.

 

Baca juga:  8 Tren Digital Marketing Terbaru di Tahun 2018

Itulah beberapa informasi tentang beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk promosi produk yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber :
Shopify : 20 Highly Effective Ways to Promote a Product

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *