5 Prinsip Psikologi untuk Meningkatkan Konversi Website

Dalam meningkatkan brand awareness bisnis Anda, website memegang peranan penting. Hal ini dapat dilihat dari penelitian Universitas Stanford yang menyebutkan 46.1% orang mengatakan desain website merupakan kriteria yang memutuskan apakah suatu perusahaan kredibel atau tidak.

Untuk membuat website agar semakin menarik dan memiliki tingkat konversi tinggi, Anda perlu juga menerapkan prinsip psikologi berikut ini.

 

 

Hukum Pragnanz

Dalam psikologi Gestalt, prinsip utama yang digunakan adalah Hukum Pragnanz. Hukum ini menyebutkan bahwa kita cenderung mengatur pengalaman dalam cara yang teratur, simetris, dan sederhana.

Psikologi ini menitikberatkan pada kecenderungan manusia untuk memahami fenomena visual secara menyeluruh daripada memahami sebagian.

Kaitannya dengan website, Anda bisa menggunakan hukum ini dengan mengelompokkan elemen yang dapat dihubungkan antara satu dengan yang lain seperti kotak testimoni, gambar, dan tombol konversi.

Dengan mengelompokkan elemen tersebut, otak pengguna akan dapat memproses informasi lebih cepat. Tentu hal ini akan sangat membantu meningkatkan konversi website Anda. Contoh yang berhasil menerapkan prinsip ini adalah The Sims 3 yang dapat meningkatkan konversi hingga 128%.

Pengalaman di Masa Lalu

Prinsip ini juga dikenal sebagai mental model. Anggapannya adalah pengalaman di masa lalu memberikan dampak pada pengalaman yang Anda lakukan saat ini.

Jika dikaitkan dengan website, pengalaman tentu memiliki pengaruh besar terhadap ketertarikan seseorang dalam mengunjungi website Anda. Apabila pengalaman sebelumnya tidak baik, bisa jadi seseorang akan meninggalkan website Anda.

Sebaliknya, jika Anda terus berinovasi menjadikannya lebih baik, maka pengunjung website akan bertahan. Bahkan bukan tidak mungkin dapat menjangkau pengunjung website baru.

Hal ini dapat kita contohkan pada perusahaan komponen komputer, AMD. Dulu AMD tidak menggunakan website untuk penjualan, namun setelah melakukan perombakan website, penjualan pun meningkat dan konversinya mampu menembus angka 3600%.

Asas Manfaat

Elliot Shmulker dari LinkedIn mengatakan jika pertumbuhan dapat terjadi karena tiga faktor utama, yakni dapat menjangkau orang lebih banyak, mengurangi adanya gesekan, dan menciptakan manfaat untuk hasil lebih baik.

Jika semakin bermanfaat gagasan Anda, maka akan semakin banyak orang yang melakukan hal yang Anda anjurkan.

Lalu, bagaimana ini bisa dijalankan untuk meningkatkan konversi website? Salah satu contoh simpelnya adalah yang dilakukan oleh platform Soocial yang melakukan perubahan kecil namun membawa dampak besar, yakni dengan menambahkan kata “Free” di samping tombol “Sign Up Now”.

Dengan cara ini, konversi Soocial meningkat hingga 28% daripada sebelumnya yang tidak menambahkan kata “Free” tersebut.

Fitt’s Law

Berikutnya ada sebuah prinsip unik yang disebut Fitt’s Law. Prinsip ini menitikberatkan waktu yang diperlukan untuk menggerakkan mouse Anda ke target dalam website, seperti tombol dan teks hingga gambar.

Semakin dekat dan mudah dituju dengan menggunakan mouse, maka akan membuat pengguna lebih tertarik dan tentu hal ini tidak akan memakan waktu lama.

Prinsip ini pernah diterapkan oleh SAP, salah satu perusahaan perangkat lunak. Sebelumnya, SAP menempatkan tombol CTA di posisi paling bawah pada website. Hal ini ternyata membuang waktu dan tidak efektif.

Akhirnya SAP pun mengubahnya dengan meletakkannya di posisi kanan pada bagian atas dengan warna yang mencolok. Cara ini pun terbukti dan mampu meningkatkan konversi SAP hingga 32.5%.

Gunakan Wajah

Hampir sebagian besar orang suka dengan wajah manusia. Saat melihat wajah manusia, dalam ilmu psikologi kita dipicu untuk merasakan empati terhadap orang tersebut.

Apabila konten website Anda memiliki konten yang membahas tentang suatu permasalahan dan serba-serbi kehidupan, sebaiknya perlu untuk memasukkan gambar wajah dalam artikel, testimoni, dan studi kasus.

Ketika menggunakan wajah dalam website, usahakan yang sesuai dan menggambarkan bisnis atau isi website. Hal ini dapat kita contohkan pada Vendeve, jaringan sosial bagi pengusaha perempuan.

Website ini menggunakan wajah wanita karir untuk mencerminkan isi website dan menyasar pembaca. Hal yang sama juga dilakukan oleh Highrise, alhasil konversi meningkat sebesar 102.5% setelah menggunakan teknik ini.

Itulah beberapa prinsip psikologi yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan konversi website Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber: 
Neilpatel: 5 Psychological Principles of High Converting Websites

Baca juga:  16 Macam Alternatif Mesin Pencari Selain Google