seo tools

8 SEO Tools Gratis untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Mengetahui cara kerja Search Engine Optimization (SEO) akan sangat berguna untuk bisnis Anda di masa sekarang ini. SEO membantu situs web Anda mudah ditemukan melalui kata kunci yang relevan pada hasil penelusuran.

Dalam hal ini, pengetahuan dasar tentang SEO dan Tools yang digunakan akan sangat membantu Anda dalam memasarkan produk atau jasa secara online menjadi lebih efektif.

Ada banyak SEO Tools dengan beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari analisis kompetitor, memperkirakan tingkat kesulitan keyword, mengetahui jumlah backlink hingga melakukan website audit secara mendalam.

Akan tetapi, beberapa SEO Tools terbaik seperti SEMrush, dan Ahrefs tidak sepenuhnya gratis. Untuk itu, ProgressTech telah mengumpulkan 8 daftar SEO Tools yang bisa Anda gunakan secara gratis, seperti di bawah ini.

1. Keywords Everywhere

Mari kita mulai dengan SEO Tools yang satu ini, Keyword Everywhere Chrome Extension. Tools ini cukup berguna untuk melakukan riset kata kunci karena tidak hanya menampilkan data hasil pencarian di Google, tapi juga pada Amazon, YouTube dan masih banyak lagi.

Selain itu, data yang dihasilkan lebih lengkap daripada Google Keyword Planner. Contohnya, terdapat statistik dasar seputar hasil penelusuran bulanan, biaya per klik (cost-per-click), dan persaingan kata kunci dengan kompetitor.

Meskipun demikian, Anda juga harus bisa menganalisis hasil data yang tersedia untuk mengambil keputusan yang tepat.

2. Ubersuggest

Walaupun Google juga bisa memberikan suggest terhadap hasil pencarian terkait, namun tidak semua hasil suggestion dapat membantu Anda untuk mendapatkan hal yang dicari.

Karena itulah Anda sebaiknya menggunakan tools SEO gratis berikutnya yaitu Ubersuggest. Tools ini memberikan Anda banyak sekali suggest keyword berdasarkan keyword utama yang Anda masukkan.

Baca juga:  6 Tips Optimasi SEO Website

Anda bisa menggunakan tools ini untuk mendapatkan banyak ide dengan keyword menarik, seperti misalnya untuk produk, pemasaran, blog dan masih banyak lagi.

3. MozBar

Moz menawarkan beberapa tools SEO gratis, namun salah satu tools yang harus Anda coba gunakan adalah Link Metrics. Tools ini memungkinkan Anda untuk mengukur seberapa kompetitif suatu keyword dalam hasil mesin pencari berdasarkan Page Authority (PA), Domain Authority (DA), dan jumlah backlink yang mengarah ke halaman.

Kemampuan ini bisa membantu Anda dalam membuat keputusan berdasarkan kesulitan persaingan keyword tersebut dan berapa banyak backlink berkualitas yang mungkin perlu Anda bangun, untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Selain itu, Mozbar juga menyediakan tools untuk menganalisis SEO on-page dan mengevaluasi seberapa berguna backlink dari halaman tertentu.

4. Soovle

Serupa dengan Ubersuggest, Soovle akan memberikan Anda suggest keyword namun hasilnya lebih baik lagi daripada yang dihasilkan oleh Google. Anda bisa mendapatkan suggest dari pencarian Bing, Yahoo, Amazon, YouTube, Answers.com, dan mesin pencari lainnya.

Answer.com misalnya, memberi Anda pertanyaan umum yang diajukan orang tentang keyword utama Anda. Sementara itu hasil dari YouTube menginformasikan Anda mengenai apa yang ingin disaksikan publik mengenai topik tertentu.

5. Screaming Frog

Jika website Anda memiliki blog, tentu jumlah halaman yang harus Anda maintain dan tracking akan lebih banyak lagi. Terkadang hal ini menyebabkan adanya link yang terputus atau ada halaman yang duplikat secara tidak sengaja sehingga tidak “disukai” Google.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka gunakan Screaming Frog untuk mengatasinya. Screaming Frog akan memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang mungkin perlu diperbarui atau dioptimalkan. Kemudian Anda bisa mengekspor informasi ini ke dalam spreadsheet.

Baca juga:  14 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

6. Answer the Public

Tools SEO gratis yang berikut ini merupakan tools yang bagus untuk melihat pemetaan visualisasi long tail keyword yang berasal dari keyword utama Anda.

Answer The Public bisa digunakan dalam penyebaran konten marketing karena keyword berasal dari pertanyaan (who, what, when, where, why), perbandingan dengan keyword lain dan sebagainya. Pahami bahwa ketika menciptakan konten yang baik berarti Anda harus mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan di luar frasa keyword utama Anda.

7. Backlink Tool

Backlink Checker yang berarti pemeriksa backlink sangat berguna untuk banyak keperluan. Misalnya memahami jenis website yang terhubung dengan Anda atau website kompetitor dengan tujuan membuat list berisi nama blog atau penulisnya.

Selain dapat membantu Anda dalam hal tersebut, Backlink Checker juga menginformasikan Anda tentang DA website yang terhubung, berapa kali website tersebut terhubung dengan website Anda, teks apa yang mereka gunakan dan sebagainya.

8. Google Search Console

Dengan menggunakan Google Search Console, Anda dapat mengontrol dan memantau bagaimana Google melihat website Anda. Tools ini akan menganalisis dari mana traffic dihasilkan sehingga membantu Anda dalam memahami pola penelusuran user.

Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk menemukan kesalahan di website Anda serta memilih halaman mana yang tidak Anda inginkan muncul di hasil pencarian.

Sumber:
Shopify: 8 Free and Simple SEO Tools for Bootstrapped Business Owners