sistem-POS

5 Fitur pada Sistem POS Ini Akan Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Lebih dari sekadar mesin kasir biasa, point of sales (POS) adalah sebuah sistem yang dapat mengintegrasikan berbagai komponen bisnis sehingga bisnis Anda dapat berjalan lebih efisien.

Sistem POS dilengkapi dengan sebuah software yang menjadi “otak” di balik performanya. Nah, agar fungsinya bisa Anda dapatkan secara maksimal, sistem POS pun dibekali dengan berbagai fitur pendukung.

Mengingat ada banyaknya fitur, Anda yang baru akan pertama kali menggunakan sistem POS untuk bisnis mungkin akan bingung. Nah, dari sekian banyak fitur tersebut, setidaknya fitur-fitur inilah yang harus Anda pertimbangkan.

Laporan penjualan dan analitik

Sesuai namanya, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis data penjualan bisnis. Laporan penjualan dan analitik akan memberikan data penjualan secara real-time melalui berbagai metrik dan laporan.

Dengan adanya data penjualan yang akurat, Anda pun dapat mengambil keputusan bisnis secara lebih baik. Fitur ini bahkan secara otomatis mampu mencatat produk apa saja yang terjual paling banyak dan menunjukkan jumlah keuntungan yang dihasilkan oleh setiap produk.

Berdasarkan data tersebut, Anda pun bisa mengambil langkah untuk mengoptimalkan keuntungan yang didapat. Selain itu, jika ternyata laporan penjualan menunjukkan adanya penurunan pemasukan, Anda bisa segera melakukan analisis untuk menemukan penyebabnya dan menyusun solusi untuk mengatasinya.

Alhasil, Anda dapat menghindari bisnis Anda dari kerugian atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Manajemen inventori

Melalui fitur manajemen inventori, Anda bisa melacak seluruh produk Anda, baik yang ada di dalam gudang maupun yang sedang dipajang di toko.

Fitur ini sangat penting fungsinya pada sistem POS. Dengan mengetahui kondisi inventori, Anda pun dapat menyesuaikan jumlah produk dengan permintaan pelanggan.

Baca juga:  Pengertian E-Commerce (Perdagangan Elektronik)

Misalnya, dari data inventori diketahui bahwa produk A ternyata tidak begitu laris di toko. Padahal, stok yang ada saat ini masih cukup banyak.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin Anda akan rugi. Untuk itu, Anda bisa melakukan promo khusus untuk menjual produk A agar tidak berdiam diri di dalam gudang.

Sebaliknya, jika data inventori menunjukkan bahwa produk B begitu laris, Anda bisa menambah jumlah stok untuk memenuhi permintaan pasar tersebut.

Pengaturan akun pengguna

Jika Anda mengelola toko yang buka seharian, kemungkinan besar Anda memiliki lebih dari satu orang untuk menjaga kasir.

Fitur satu ini memungkinkan Anda membuat akun untuk tiap pegawai kasir sehingga Anda bisa melacak penjualan yang dihasilkan oleh tiap pegawai.

Lebih dari itu, fitur pengaturan ini juga dapat membantu Anda untuk menyusun target penjualan.

Tenang saja, Anda juga bisa mengatur akses pengguna sehingga akun-akun yang Anda buat hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu.

Dengan begini, data-data yang terlacak di dalam sistem POS Anda pun akan aman.

Manajemen pelanggan

Demi meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa memberikan penawaran spesial melalui loyalty program. Namun, dari mana Anda bisa mengetahui tingkat loyalitas pelanggan?

Fitur manajemen pelanggan lah yang dapat membantu Anda. Melalui fitur ini, Anda bisa mengumpulkan history transaksi pembelian pelanggan.

Berdasarkan data tersebut, Anda dapat mengidentifikasi pelanggan mana yang paling sering berbelanja di tempat Anda atau pelanggan mana yang hari ini berbelanja paling banyak.

Data tersebut memungkinkan Anda untuk memberikan reward kepada pelanggan atas loyalitas mereka. Mungkin Anda bisa memberikan merchandise spesial atau diskon sejumlah nilai tertentu.

Tak hanya itu, adanya manajemen pelanggan juga dapat mempermudah Anda dalam mengelola data pribadi pelanggan seperti nama, nomor ponsel, dan email.

Baca juga:  5 Tipe Pelanggan Online & Cara Mengatasinya

Mobile register

Di era digital seperti sekarang, ponsel atau perangkat mobile sudah menjadi barang wajib untuk dimiliki.

Kini hampir segala aktivitas online dilakukan melalui mobile, mulai dari sekadar browsing, mengakses media sosial, hingga melakukan berbagai pembayaran.

Itulah mengapa Anda wajib mempertimbangkan mobile register untuk melengkapi sistem POS di toko Anda. Namun, pastikan pula sistem POS yang Anda gunakan sudah berbasis cloud dan memiliki aplikasi mobile sehingga Anda bisa menjalankannya pada perangkat mobile seperti tablet.

Tak hanya itu, mobile register juga memiliki berbagai kelebihan lain. Jika suatu hari Anda memutuskan untuk mengadakan pop-up store, Anda bisa membawa mobile register ini dengan mudah.

Bahkan jika mungkin Anda berencana untuk tidak memindahkan mesin register dari toko, perangkat mobile register seperti tablet cenderung lebih efisien dan hemat tempat dibandingkan desktop register konvensional.

Itulah beberapa fitur yang wajib Anda pertimbangkan saat hendak memilih sistem POS untuk bisnis kecil Anda.

Berbagai fitur tersebut akan memudahkan operasional bisnis Anda sehingga Anda bisa menjalankan bisnis secara lebih cepat dan efisien.

Dijamin pelanggan Anda pun akan puas dengan layanan yang Anda berikan. Terlebih jika Anda menggunakan sistem POS dari ProgressTech yang sudah berbasis cloud sehingga lebih terjangkau dan fleksibel untuk platform bisnis Anda.

Sumber : 5 Must-Have Retail POS Software Features to Streamline Your Small Business