sosial media marketing

Berkenalan Dengan Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing yang dilakukan oleh banyak pebisnis. Pasalnya, sosial media marketing terbukti efektif dalam membangun engagement dengan target pelanggan hingga meningkatkan penjualan.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan sosial media marketing?

Pengertian Sosial Media Marketing

Pada dasarnya upaya sosial media marketing akan langsung menyasar kepada orang yang banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan sosial media.

Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk memberikan traffic yang tinggi untuk kampanye iklan yang dibuat, menghasilkan pelanggan dan pada akhirnya mengembangkan bisnis Anda melalui kekuatan jaringan online.

Sama seperti bentuk digital marketing lainnya, jenis ini bisa membuat kampanye iklan Anda sukses dalam waktu singkat, atau malah sebaliknya. Untuk dapat menyukseskan iklan pada sosial media marketing, pastikan Anda fokus dalam membuat konten berkualitas dan strategi pemasaran yang efektif.

Memang tidak mudah untuk melakukan jenis pemasaran ini, apalagi jika Anda belum pernah melakukannya. Untuk itu perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Cara Membuat Strategi Sosial Media Marketing

Penyusunan strategi ini sangat penting dilakukan sebelum Anda memposting kampanye iklan di sosial media. Strategi sosial media marketing akan memberikan gambaran besar mengenai apa yang akan Anda dapat dari kampanye ini dan bagaimana cara untuk mencapainya.

Tempatkan bisnis Anda sebagai pusat dari penyusunan strategi yang pada akhirnya diarahkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Sosial media marketing bisa memberikan bisnis Anda banyak manfaat. Seperti meningkatkan traffic dan penjualan, membangun brand awareness, menyasar target yang tepat, berhubungan dengan pelanggan atau prospek, dan banyak lagi.

Ada 5 hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda menyusun strategi ini:

  • Tujuan: Tetapkan hasil yang Anda inginkan dan bagaimana cara mengukurnya
  • Target: Lakukan riset mengenai target yang diinginkan
  • Konten: Buat konten yang relevan, menarik dan informatif
  • Platform: Pilih platform sosial media yang ingin digunakan dan seperti apa penggunaannya
  • Proses: Atur infrastruktur dan tools yang digunakan untuk menjalankan strategi secara efisien
Baca juga:  Korelasi Content dan Search Engine

Tetapkan Tujuan Untuk Rencana Sosial Media Marketing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak hal yang bisa Anda capai dengan menggunakan teknik pemasaran ini, seperti:

  • Membangun brand awareness
  • Menciptakan permintaan untuk produk Anda
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendorong traffic offline
  • Memberikan jaringan kerja sama
  • Mendapatkan social proof (pembuktian sosial atas bisnis Anda)
  • Menyediakan saluran pelayanan pelanggan

Identifikasi Target Pelanggan

Untuk dapat berhasil dalam sosial media marketing, identifikasilah target pelanggan yang akan dituju dengan tepat. Ada beberapa elemen penentu yang akan memudahkan Anda dalam proses ini, yaitu:

  • Lokasi
  • Usia
  • Gender
  • Minat
  • Karir/industri
  • Pendapatan
  • Status (menikah atau tidak)
  • Aplikasi favorit
  • Motivasi untuk melakukan pembelian, dan lainnya sesuai produk Anda

Konten yang Relevan dan Tepat

Berbicara mengenai konten, jangan hanya memikirkan tentang konten apa yang akan dibuat, melainkan bagaimana Anda menghasilkan konten tersebut. Pasalnya, pembuatan konten melibatkan hal-hal seperti waktu, budget, dan kreativitas.

Konten yang cocok untuk salah satu platform sosial media belum tentu sesuai dengan konten yang dibutuhkan sosial media lainnya.

Ada banyak jenis konten yang bisa Anda sesuaikan dengan latar belakang atau industri serta kepentingan bisnis Anda, seperti:

  • Berita, informasi mengenai kabar terbaru dalam industri Anda atau tren yang sedang terjadi pada industri Anda
  • Inspirasi, bisa berbentuk foto, gambar atau kalimat untuk menggunakan produk Anda demi mencapai suatu tujuan
  • Edukasi, buatlah statistik interaktif, fakta menarik atau tips tertentu
  • Promosi produk, dapat berupa foto, gambar atau video yang disertai dengan informasi atau kalimat persuasif
  • Kontes atau giveaway, biasanya diadakan saat momen tertentu seperti hari raya, kemerdekaan negara, ulang tahun perusahaan Anda dan sebagainya
  • Behind the scenes, agar user mengetahui bagaimana cara produk yang akan mereka pakai dibuat, sekaligus menunjukkan transparansi bisnis Anda
  • Repost postingan follower, repost dalam hal ini seperti menunjukkan testimonial langsung dari pelanggan atau user yang menggunakan produk Anda
Baca juga:  Perkembangan Long Tail untuk SEO Terbaru dari Google

Sumber:

Shopify: How to Create a Social Media Marketing Strategy: A Beginner’s Guide