Talenta Transformasi Digital

5 Talenta yang Dibutuhkan untuk Transformasi Digital

Menghadapi era transformasi digital mau tidak mau menuntut Anda untuk siap menghadapi perubahan teknologi dan internet yang semakin canggih setiap harinya.

Bagi generasi milenial, mungkin kedua hal tersebut sudah cukup akrab, sebaliknya Anda yang tidak tumbuh bersama dengan teknologi tentu akan kesulitan dalam menyesuaikan diri.

Untuk itu, ketahuilah tujuh talenta yang dibutuhkan dalam menghadapi transformasi digital berikut ini.

Analisis data

Pemasaran suatu bisnis di era digital umumnya menghasilkan sejumlah data yang dapat diolah untuk mengevaluasi dan meningkatkan performa dan efektivitas kampanye yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Sebagian besar pebisnis di Indonesia memanfaatkan Google Analytic yang mampu menyajikan data demografi, termasuk usia, jenis kelamin hingga perangkat yang digunakan, dan jumlah visitor dari sebuah situs.

Penguasaan tools dan platforms

Berbicara tentang transformasi digital, tentu saja Anda wajib memahami, akrab, dan mahir dalam menguasai segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi.

Dalam hal ini sudah dipastikan Anda dituntut untuk menguasai beragam tools dan platforms yang digunakan baik untuk urusan bisnis maupun pribadi.

Misalnya, mahir dalam mengoperasikan email blast yang terintegrasi dengan aplikasi mobile sehingga memudahkan Anda dalam melakukan cross sell.

Di sisi lain, Anda juga perlu mempelajari berbagai platform media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai medium untuk melakukan pendekatan dengan konsumen.

Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai portofolio pekerjaan yang telah berhasil dilakukan atau bahkan memajang produk-produk yang akan ditawarkan.

Social media advertising

Talenta lain yang juga Anda butuhkan untuk menghadapi transformasi digital adalah terkait dengan penggunaan media sosial.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa UKM Wajib Memanfaatkan Transformasi Digital

Saat ini terdapat fitur pemasangan iklan yang dapat dimanfaatkan suatu bisnis untuk memasarkan produk mereka kepada pengguna media sosial di seluruh dunia.

Faktanya, memasang sendiri iklan dalam media sosial itu mudah. Menariknya, Anda bisa mengatur target market sehingga kampanye dapat dilakukan secara efisien.

Namun demikian, sebaiknya Anda tidak hanya memahami cara memasang iklan, tetapi juga melatih kemampuan analisis untuk menilai efektivitas iklan tersebut.

Tentu saja, setiap media sosial memiliki perbedaan aturan. Anda juga perlu mempelajari waktu terbaik untuk memasang iklan tersebut sehingga efektif menarik perhatian target audiens yang kemudian dapat mengkonversi kunjungan pada pembelian.

Email marketing

Mungkin Anda sudah mempelajari cara mengirim, menulis, dan membuka pesan yang ada pada email. Teknik email marketing bahkan sudah dipandang paling kuno terlebih pada transformasi digital saat ini.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan marketing konvensional yang diterapkan di kanal digital, yakni dengan mengirimkan email sebanyak mungkin ke database yang dimiliki, namun cara ini penting untuk menciptakan peluang seamless marketing.

Search Engine Optimization (SEO)

Menghadapi perubahan digital yang berlangsung terus menerus membuat Anda harus selalu up-to-date terhadap segala informasi melalui internet.

Untuk itu, Anda wajib memahami cara optimalisasi konten terkait temuan di suatu platform mesin pencari. Dengan menguasai kemampuan SEO dengan baik,

Anda dapat melakukan pencarian sesuai dengan keyword yang terbaca oleh mesin pencarian.

Pada dasarnya, masih ada banyak talenta yang Anda butuhkan untuk menghadapi transformasi digital.

Namun, lima talenta tadi adalah kemampuan dasar yang wajib Anda pelajari dan kuasai dengan baik agar mampu bersaing sesuai dengan perkembangan teknologi dan internet yang tengah berlangsung di seluruh dunia.

Baca juga:  3 Hal Ini Bisa Menghambat Adopsi Transformasi Digital Anda

Apakah Anda sudah siap menghadapi tantangan transformasi digital? Semoga berhasil!

Sumber : 7 Skill Areas Required for a Digital Transformation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *