teknologi POS

5 Teknologi POS yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Retailer

Point of Sales (POS) adalah sebuah sistem teknologi yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi penjualan retail, misalnya seperti di kafe atau restoran.

Umumnya, POS hadir dalam bentuk seperangkat mesin kasir dan komputer yang terintegrasi melalui suatu software khusus.

Dengan adanya POS, konsumen bisa melakukan proses pembelian secara lebih cepat sehingga menghemat waktu.

Seiring berjalannya waktu, teknologi POS hadir dalam bentuk yang semakin beragam. Berbagai teknologi POS ini tidak hanya akan memudahkan transaksi penjualan konsumen, tetapi juga membantu retailer untuk meningkatkan keuntungan.

Mobile POS

Kehadiran mobile POS memungkinkan terjadinya integrasi dengan perangkat smartphone atau tablet untuk scan produk dan proses pembayaran.

Berkat adanya teknologi ini, Anda yang memiliki toko retail lebih dari satu, bisa tetap melakukan tracking penjualan, keuntungan, dan inventori melalui satu dashboard pada perangkat mobile.

Tak perlu khawatir masalah keamanannya karena seluruh data yang masuk pada mobile POS akan dienkripsi sehingga terjamin aman.

Lalu, bisnis retail seperti apakah yang cocok menggunakan mobile POS ini? Bagi pemilik bisnis retail berskala kecil dengan satu toko yang ingin mengotomatisasi penjualan serta tracking inventori secara efisien, teknologi mobile POS akan cocok untuk Anda.

Saat seorang konsumen menanyakan ketersediaan produk tertentu, Anda bisa langsung mengeceknya menggunakan perangkat mobile. Jika ternyata produk tersebut tidak tersedia, Anda bisa langsung melakukan pemesanan.

Cloud-based POS

Sejak beberapa tahun belakangan ini, teknologi berbasis cloud sedang naik daun, Tidak terkecuali cloud-based POS.

Jadi, alih-alih menggunakan jaringan internal tertutup untuk menyimpan data, teknologi POS satu ini memungkinkan Anda untuk menyimpan seluruh data di cloud sehingga Anda dapat mengakesnya dari mana pun dan kapan pun.

Baca juga:  Tips Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Hal ini pun memberikan Anda kontrol yang lebih baik terhadap bisnis Anda.

Anda yang memiliki cabang toko retail di beberapa tempat akan sangat terbantu dengan cloud-based POS. Pasalnya, sistem dan data yang ada pada cloud-based POS akan selalu ter-update secara rutin dan dalam waktu bersamaan, mempermudah Anda dan tim untuk melakukan integrasi.

Karena hal tersebut pula, Anda pun bisa meminimalisir risiko terjadinya downtime akibat system maintenance.

Digital Wallet

Sesuai namanya, digital wallet adalah dompet digital yang berfungi untuk menyimpan data-data penting seorang konsumen terkait transaksi pembayaran, contohnya seperti rekening bank, nomor identifikasi kartu penduduk, kartu kredit, hingga loyalty programs yang diikutinya.

Teknologi digital wallet ini bisa digunakan oleh konsumen melalui perangkat mobile mereka.

Dengan karakteristiknya tersebut, digital wallet mampu memberikan kemudahan pada proses transaksi konsumen karena semua informasi kartu telah tersimpan secara aman dalam server.

Nah, karena proses transaksi yang berjalan mudah dan cepat, konsumen pasti akan merasa puas berbelanja di toko retail Anda.

Kemungkinan besar mereka pun akan kembali. Dengan kata lain, teknologi digital wallet dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.

Loyalty Management System

Demi menjaga loyalitas para konsumen, sudah banyak pebisnis retail yang mengadakan program loyalitas. Melalui program ini, bisnis retail biasanya memberikan berbagai penawaran menarik sebagai wujud terima kasih atas loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap mereka.

Bayangkan jika jumlah anggota program tersebut mencapai ribuan, bisa-bisa Anda merasa kewalahan menanganinya. Di sinilah teknologi POS bisa membantu Anda melalui loyalty management system.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pebisnis retail untuk memanfaatkan loyalty management system.

Melalui teknologi ini, sekarang Anda bisa mengidentifikasi konsumen mana yang paling sering melakukan pembelian sehingga Anda dapat menyediakan penawaran spesial, misalnya seperti diskon untuk pembelian tertentu atau memberikan merchandise.

Baca juga:  6 Alasan Konsumen Memilih untuk Berbelanja Online

Dengan begini, konsumen pasti akan merasa dihargai sehingga mereka tidak segan untuk berbelanja kembali di toko retail Anda.

On-demand Purchasing

Pada dasarnya, kebanyakan konsumen tidak suka dibuat menunggu. Mereka menginginkan layanan yang cepat. Jika Anda tidak bisa memberikan layanan dengan kualitas yang sesuai ekspektasi mereka, bisa-bisa mereka tidak akan kembali ke tempat Anda.

Belum lagi jika mereka menceritakan pengalamannya tersebut kepada orang-orang terdekatnya. Bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan banyak konsumen potensial hanya karena tidak bisa memberikan layanan yang cepat.

Di sinilah teknologi POS bisa membantu Anda, yakni melalui sistem on-demand purchasing. Misalnya, bisnis retail Anda memiliki aplikasi pembayaran yang memungkinkan konsumen untuk membeli produk dari rumah.

Jadi, ketika mereka sampai di toko Anda, mereka bisa langsung mengambil produk tersebut. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa menyediakan tablet di dalam toko sehingga mereka bisa melakukan browsing atau mencari informasi terkait produk secara mudah.

Kelima teknologi POS tersebut akan membantu Anda memudahkan proses transaksi di dalam toko. Dengan proses yang lebih mudah dan cepat, konsumen pun merasa lebih puas sehingga loyalitas mereka meningkat dan kemungkinan besar akan kembali berbelanja di tempat Anda.

Jadi, teknologi POS mana yang akan Anda coba lebih dulu?

Sumber : Three Emerging Retail POS Technologies That Will Benefit Retailers