teknologi transformasi digital

3 Teknologi Transformasi Digital yang Kuasai Banyak Usaha di Tahun 2018

Transformasi Digital yang digadang-gadang sebagai salah satu cara bagi para perusahaan untuk menguatkan perekonomian mereka kini sudah menjadi pembicaraan yang tak lagi susah diikuti. Apalagi ketika Anda termasuk orang yang melek teknologi.

Perkembangannya pun cukup pesat dan banyak orang yang berusaha untuk berlomba-lomba menguatkan strategi transformasi digital mereka dengan menggunakan teknologi terbaru.

Tahun ini pun, banyak teknologi baru yang akan menguasai banyak usaha di tahun 2018. Apa saja teknologi transformasi digital yang kuasai banyak usaha di tahun 2018? Berikut adalah jawabannya.

1. Artificial Intelligence

Dikenal juga dengan nama AI, artificial intelligence adalah sebuah program yang digunakan untuk komputasi secara otomatis dengan kecepatan tinggi.

Umumnya, AI dibuat dalam bentuk software yang diintregasikan dengan komputer atau hal lainnya, namun di dunia modern sekarang ini AI diaplikasikan ke banyak tempat.

Bahkan, ke Android bentuk humanoid atau seperti manusia. Sehingga, mereka bisa bercakap-cakap dengan Anda dan mengingat segala bentuk jawaban yang Anda buat.

Tentunya, AI berbentuk humanoid ini sangat mahal, sehingga banyak perusahaan yang masih memilih AI dalam bentuk perangkat lunak saja.

AI bisa digunakan untuk menyimpan jawaban-jawaban dari para pelanggan juga untuk menghitung probabilitas lainnya yang akan lama bila dikerjakan oleh manusia.

Sehingga, tak heran bila AI kerap dikatakan sebagai teknologi yang akan mengurangi jumlah pegawai manusia di masa depan.

2. Internet of Things

Internet of Things yang dikenal juga dengan nama IoT ini adalah bentuk network atau jaringan internet dari alat-alat fisik. Seperti mobil, televisi, ponsel pintar (smartphone) dan lain-lain yang memiliki konektivitas satu sama lain dengan jaringan internet.

Contohnya, ponsel pintar Anda sekarang sudah bisa digunakan untuk menjadi remote control bagi beberapa jenis televisi yang berteknologi tinggi, bahkan apa yang Anda lihat di ponsel pintar kini juga bisa diintregasikan dengan televisi.

Baca juga:  Apa itu Transformasi Digital? Berikut 4 Hal yang Harus Anda Ketahui

Contohnya saja ketika Anda menggunakan channel berbayar Netflix. Anda bisa menontonnya lewat ponsel pintar, laptop atau komputer, dan juga televisi. Bahkan Anda bisa membagikan akun Anda dengan yang lain untuk menonton di channel berbayar tersebut.

3. Chatbot

Chatbot atau pembalas chatting otomatis ini umumnya digunakan oleh perusahaan besar, namun kini sudah banyak perusahaan biasa yang menggunakan teknologi ini.

Pasalnya, chatbot ini memang sangat memudahkan pekerjaan Anda. Anda tak harus stand by selama 24 jam penuh di depan layar untuk bisa membalas jawaban dari calon konsumen. Dengan pembalas chat otomatis, mereka akan bisa membalas chat tersebut untuk Anda.

Beberapa chatbot juga terintegrasi dengan FAQ atau frequently asked question yang bisa menjawab pertanyaan konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka secara langsung.

Namun tentunya, untuk membuat chatbot pintar seperti ini, Anda membutuhkan programmer dengan kemampuan lebih.

Biayanya pun terkadang tak murah, jadi Anda harus berpikir dua kali sebelum memilih untuk menggunakan strategi ini sebagai salah satu bentuk Transformasi Digital Anda.

Inilah tiga teknologi transformasi digital yang kuasai banyak usaha di tahun 2018, apakah ada diantaranya yang menarik minat Anda? Sebaiknya, gunakan teknologi di atas dengan banyak pertimbangan.

Selain soal biaya, tak semua teknologi cocok dengan segala jenis usaha yang Anda lakukan. Anda pun harus memahami dengan benar seperti apa teknologi tersebut sebelum mengaplikasikannya ke usaha yang Anda miliki. Selamat mencoba.

Sumber:
Six Digital Transformation Technologies that will rule enterprises in 2018