testimoni pembeli

Pentingnya Testimoni Pembeli dalam Bisnis Online

Walaupun digital marketing menjadi strategi pemasaran utama untuk bisnis saat ini, namun bukan berarti kekuatan word of mouth bisa diremehkan. Dalam hal ini, word of mouth masih menjadi senjata yang ampuh untuk memasarkan dan meningkatkan profit bisnis.

Testimoni pembeli atau ulasan online memberikan pengaruh sangat besar bagi keputusan bertransaksi calon konsumen terhadap produk/jasa Anda.

Selain itu, testimoni pembeli juga membantu bisnis Anda mendapat lebih banyak kepercayaan dari pelanggan dan meningkatkan reputasi produk dan layanan Anda.

Agar Anda dapat memahami sepenuhnya mengenai seberapa penting testimoni untuk penjualan, simak ulasan berikut ini.

Mengapa testimoni pembeli sangat penting?

Aksesibilitas

Testimoni pembeli secara online kini sangat mudah untuk ditemukan, baik melalui mesin pencari, aplikasi ataupun fitur review online yang ada di platform media sosial seperti Facebook. Dari sini dapat disimpulkan bahwa user dapat dengan mudah mencari testimoni produk/jasa Anda secara online.

Visibilitas

Banyak kasus di mana ulasan pelanggan muncul terlebih dulu daripada hasil pencarian mengenai sebuah produk/jasa yang konsumen cari.

Contohnya, ketika Anda melakukan pencarian dengan menggunakan keyword “Jasa Pembuatan Website“, maka akan muncul sejumlah nama perusahaan website developer seperti ProgressTech yang mana muncul dengan rating tertinggi dan penilaian bagus dari konsumen.

Bagaimana testimoni pembeli membantu bisnis Anda?

Faktor Search Engine Optimization

Situs online review seperti Trip Advisor dan Yelp sudah memiliki basis data informasi yang luas. Di samping itu, mesin pencari seperti Google pun “memberikan” peringkat tinggi untuk website tersebut, di mana bisa saja ternyata ulasan online mengenai bisnis Anda terdapat di dalamnya.

Hal ini berarti, walaupun website bisnis Anda belum memiliki peringkat yang baik di mesin pencari, namun nama bisnis Anda muncul sebagai bagian dari Yelp atau Trip Advisor.

Baca juga:  Strategi Digital Marketing untuk Sektor B2B

Sama seperti contoh sebelumnya, pencarian untuk keyword “Jasa Pembuatan Website” akan menghasilkan beberapa perusahaan pembuat website dengan peringkat terbaik walaupun website perusahaan tersebut belum memiliki peringkat di halaman pencari.

Buyer Decision-Making

Situs online review dan direktori online telah berkembang menjadi platform ekstensif yang mengumpulkan banyak data dari berbagai sumber. Banyaknya informasi yang dimiliki membuat website jenis ini menjadi lebih kredibel di mata pelanggan.

Dapat disimpulkan bahwa buyer decision-making sangat dipengaruhi oleh hasil yang mereka dapatkan dari informasi testimoni pelanggan tersebut. Calon pembeli akan terlebih dulu melihat ulasan atau testimoni yang ada untuk meyakinkan mereka akan keputusan bertransaksi.

Jangan Takut Pada Hasil Testimoni

Memang tidak semua hasil ulasan pembeli adalah positif, namun jangan sampai hal ini membuat Anda takut untuk memasang fitur testimoni pada platform bisnis Anda.

Memiliki hasil testimoni yang seimbang (positif dan negatif) memperlihatkan bahwa bisnis Anda terlihat alami. Respon apapun yang diberikan menunjukkan kepedulian antara Anda dan pelanggan, juga sebaliknya.

Jika Anda memberikan pelayanan terbaik, tentu saja hasil testimoni yang didapatkan akan positif sehingga mampu mengalahkan testimoni lain yang negatif.

Sumber:
ThriveHive: How Important are Online Reviews?