4 Cara Menulis Google AdWords yang Efektif

Beriklan adalah salah satu kegiatan yang penting dilakukan oleh perusahaan atau brand untuk mendapatkan konsumen baru. Dahulu orang beriklan dengan cara konvensional seperti melalui spanduk, majalah, surat kabar dan selebaran. Cara lama ini selain cukup rumit juga mengeluarkan banyak biaya.

Kini, di era perkembangan internet, membuat iklan semakin mudah dilakukan. Salah satunya adalah melalui Google AdWords. Namun, sebagian mungkin masih belum begitu paham bagaimana menulis iklan tersebut secara efektif. Oleh karena itu, Anda perlu simak beberapa tips iklan Google berikut ini.

Buat Judul yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan judul yang tepat. Judul merupakan elemen pertama dari iklan yang mungkin akan orang lihat di AdWords.

Saat membuat judul, sebaiknya masukkan salah satu kata kunci atau keywords. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang langsung tahu jika Anda sedang menawarkan barang yang calon konsumen cari.

Semisalnya saja Anda adalah seorang pengusaha hotel yang ingin mempromosikan hotel pada khalayak. Anda bisa membuat grup iklan hotel dengan kata kunci yang spesifik seperti berikut:

  • Hotel terbaik di (kota tertentu)
  • Hotel murah
  • Hotel murah dekat (lokasi wisata)
  • Promo hotel di (kota tertentu)

Dari gambaran di atas, jika seseorang mencari hotel yang dekat dengan lokasi wisata tertentu dengan harga murah, maka kemungkinan besar mereka akan lebih tertarik dengan iklan tersebut karena lebih relevan.

Landing Page yang Relevan dengan Iklan

Setelah Anda selesai membuat judul lalu memasang iklan tersebut di Google, maka pikirkan pula landing page-nya. Ini bertujuan agar saat meng-klik iklan yang Anda buat, seseorang langsung tertuju pada situs web brand atau produk yang sedang Anda tawarkan. Kita bisa menganalogikannya dengan contoh pengusaha hotel dalam poin sebelumnya di atas.

Dari gambaran tersebut, Anda sebagai pengusaha hotel akan mengiklankan hotel milik Anda. Maka, cantumkan landing page yang menampilkan gambaran tentang hotel. Semisalnya saja, foto-foto fasilitas hotel tersebut seperti kolam renang, lobi, kondisi kamar, restoran, hingga layanan lainnya.

Jelaskan pula dengan rinci mengenai hotel terkait harga sewa kamar, jarak dari akses publik, tautan untuk keperluan FAQ, dan fitur untuk booking hotel. Untuk catatan, buatlah landing page yang menarik dengan navigasi yang memudahkan calon konsumen.

Gunakan Call To Action untuk Produk yang Ditawarkan

Hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan saat membuat AdWords yang efektif adalah membuat call to action (CTA). Agar lebih mendekatkan diri dengan calon konsumen, sebaiknya Anda gunakan kata yang bersifat personal seperti ‘kami’ dalam penawaran produk atau brand.

Saat calon konsumen membuka iklan Anda, mereka merasa terpancing untuk ingin mengetahui hal apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya. Untuk itulah Anda perlu menyelipkan CTA di akhir iklan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah fokus pada manfaat CTA itu sendiri, seperti memberi diskon, produk baru, atau hal promo lainnya.

Berikutnya adalah pandai lah bermain kata-kata, maka dari itu buatlah kata-kata yang mudah dipahami dan tidak terlalu panjang. Sebaiknya gunakan kata-kata yang paling sering muncul di mesin pencarian seperti “Hubungi Kami” atau “Booking Sekarang”.

Jangan Lupa Gunakan Keywords

Pemilihan kata kunci atau keywords menjadi hal penting yang tidak boleh Anda tinggalkan, mengingat bagian ini merupakan hal krusial dalam membuat iklan di dunia maya dan di Google. Efektif tidaknya sebuah iklan di Google juga dipengaruhi penggunaan keywords ini. Lalu, bagaimana dengan kata kunci yang baik?

Dalam membuat kata kunci yang baik, sebaiknya gunakan yang mudah dan banyak dicari. Kata kunci atau keywords ini memiliki peluang besar untuk di-klik. Anda bisa membuatnya dengan memilih kata-kata sederhana namun memiliki tingkat pencarian yang tinggi.

Semisalnya saja jika Anda ingin menjual produk fashion, Anda bisa gunakan keywords seperti baju, baju anak, model baju, dan sebagainya. Semakin singkat dan semakin spesifik, maka akan banyak menguntungkan iklan Anda.

Itulah beberapa tips iklan Google yang efektif dan bisa Anda terapkan untuk mempromosikan produk atau brand bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber :
Wordstream : 7 Ways to Write Super-Effective AdWords Ads (with Real Examples)

Baca juga:  6 Tips Optimasi SEO Website