tool blogger

10 Tool Terbaik untuk Blogger yang Wajib Digunakan

Blogging adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan bisnis online Anda melalui pemasaran digital. Tidak hanya sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa Anda, namun membuat konten yang berkualitas pada blog dapat meningkatkan traffic dan juga konversi pada website Anda.

Tentunya dibutuhkan peralatan (tools) terbaik untuk meningkatkan kualitas blog Anda agar bisa memiliki performa bagus. Dimulai dari tool untuk membuat, mengatur, memposting dan juga mempromosikan blog tersebut.

Membutuhkan informasi mengenai tool untuk meningkatkan kualitas blog yang cocok untuk Anda? Lihat beberapa pilihannya di bawah ini:

1. WordPress

Bagaimana bisa Anda membuat dan mempublikasikan konten tanpa ada tempat untuk menampungnya, atau yang disebut dengan nama Content Management System (CMS). Salah satu CMS yang popular dan dipakai oleh jutaan website bisnis adalah WordPress.

Beberapa keuntungan penggunaan WordPress adalah:

  • Mudah digunakan
  • Sederhana
  • Banyak pilihan template atau tema
  • Tersedia berbagai macam jenis plugin gratis atau berbayar
  • Ada berbagai macam fitur menarik
  • Support forum dan komunitas yang bersedia membantu Anda
  • Dapat terintegrasi dengan tool lainnya
  • Memungkinkan Anda untuk mendaftarkan sejumlah user dengan tingkat akses berbeda

Walaupun Anda sudah memiliki website pada platform tertentu misalnya, Anda bisa mengintegrasikannya dengan WordPress.

2. Google Keyword Planner & Long Tail Pro

Banyak pemilik bisnis yang langsung memutuskan untuk menulis setelah menggunakanWordPress. Namun sebelumnya Anda harus terlebih dulu melakukan riset kata kunci (keyword research) agar bisa menyasar pada target yang sesuai. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari oleh target Anda.

Untuk itu gunakan Google Keyword Planner dan Long Tail Pro yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan suggest kata kunci yang relevan beserta dengan volume pencarian untuk masing-masing kata kunci.

Baca juga:  Manfaat Marketing Online vs Marketing Tradisional

Perbedaan Google Keyword Planner dengan Long Tail Pro adalah Long Tail Pro memberikan Anda informasi dan pilihan filter yang lebih banyak.

Anda juga bisa memasukkan kata kunci yang didapat dari Google Keyword Planner ke dalam Long Tail Pro. Tool untuk meningkatkan kualitas blog yang kedua ini akan memberikan Anda long tail keyword yang bisa digunakan. Kata kunci yang panjang tidak memiliki banyak “pesaing” sehingga tidak kompetitif dan lebih dapat ditargetkan secara spesifik.

3. BuzzSumo

Setelah mengantongi kata kunci yang tepat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemilihan topik dan judul yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Cara ampuh untuk memilih topik terbaik adalah dengan mencontoh blog lain dengan kata kunci yang sama dan BuzzSumo bisa membantu Anda dalam hal ini.

BuzzSumo menyajikan informasi mengenai blog apa saja yang memiliki predikat baik dan mendapat banyak share. Cukup masukkan kata kunci yang Anda pilih sebelumnya dan BuzzSumo akan langsung memberikan Anda list blog yang relevan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari konten dari kompetitor Anda yang banyak di-sharing oleh pengunjung. Pencarian ini kemudian bisa membantu Anda untuk membuat konten serupa yang lebih berkualitas untuk mendapat banyak pembaca.

4. Plug-in Yoast SEO

Salah satu cara yang banyak dipilih untuk mendapatkan traffic blog yang tinggi adalah dengan mengoptimisasi SEO.

Traffic organik didapatkan melalui orang-orang yang menggunakan mesin pencari seperti Google dan memasukkan kata kunci tertentu. Mereka kemudian akan mengklik website Anda setelah mendapat hasil pencarian. Oleh karena itulah Anda harus memastikan website Anda memiliki traffic yang baik dan muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

Baca juga:  Pentingnya Testimoni Pembeli dalam Bisnis Online

Ada banyak sekali cara untuk mengoptimisasi konten blog, dan penggunaan plug-in Yoast SEO pada WordPress adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Yoast SEO dirancang untuk membantu Anda dalam memaksimalkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi traffic. Misalnya saja mengatur meta title dan pembuatan deskripsi untuk menciptakan sitemap.

5. Canva

Jika konten blog hanya berisi teks tentu akan sangat membosankan. Agar menarik sebaiknya Anda menambahkan konten visual seperti infografis, foto atau gambar.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan Canva untuk meng-custom konten grafis yang cocok bagi teks pada blog secara gratis. Canva juga menyediakan template yang bisa digunakan untuk membuat konten grafis sesuai dengan ukuran masing-masing platform yang akan dipilih.

6. Readability Test Tool

Apakah Anda yakin hasil tulisan yang dibuat sudah sesuai dengan standar penulisan yang ada dan mudah dibaca? Readability test tool membantu Anda untuk memastikan bahwa blog Anda mudah untuk dibaca. Terdapat sejumlah indikator yang harus dipenuhi sebagai tanda bahwa blog Anda mudah untuk dibaca.

7. Trello

Tool ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan atau marketer yang bekerja sama dengan banyak pihak dalam pembuatan blog. Pada dasarnya, Trello adalah project management tool yang membantu Anda dalam meningkatkan workflow pembuatan blog.

Di sini Anda bisa membuat tugas, mengatur tanggal deadline, membuat kelompok termasuk para anggota, memindahkan atau menghapus box tugas yang telah diselesaikan, mengupload file dan sebagainya. Dibandingkan dengan project management tool lainnya, Trello terbilang sangat mudah digunakan.

8. Sprout Social

Untuk semakin meningkatkan jumlah pembaca dan share blog Anda, manfaatkanlah media sosial. Pasalnya media sosial adalah platform terbaik dalam upaya menghasilkan aktivitas untuk blog. Oleh karenanya Anda membutuhkan social media management tool seperti Sprout Social.

Baca juga:  10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Tool ini memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting media sosial untuk sejumlah platform seperti Twitter, Facebook, LinkedIn dan Instagram sekaligus.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan judul berbeda bagi setiap media sosial untuk melihat mana versi judul yang menghasilkan banyak klik dan trafik pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan dan menjalin komunikasi dengan para influencer untuk bekerja sama mempromosikan blog atau bisnis Anda.

9. Email Marketing

Selain media sosial, email marketing merupakan cara terbaik lainnya untuk menyebarkan blog Anda. Dengan menggunakan cara dan tool ini email marketing yang tepat Anda bisa mengatur target secara spesifik dan mengirimkan email ke banyak penerima sekaligus.

Ada banyak tool email marketing yang popular, seperti:

  • Constant Contact
  • MailChimp
  • Aweber
  • GetResponse

10. Google Analytics

Setelah blog sudah tersebar luas, maka Anda tentu ingin mengetahui hasil dari upaya Anda. Google Analytics adalah tool yang sangat popular digunakan untuk melihat atau tracking performa blog Anda. Beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari tool ini diantaranya;

  • Audiens: Siapa saja orang yang membuka blog Anda?
  • Akuisisi: Berapa orang yang mencari blog Anda?
  • Behavior: Apa yang orang lakukan ketika berada pada blog Anda?

Sumber:
SprotSocial: 10 of the Best Blogging Tools