transformasi digital ukm

3 Alasan Mengapa UKM Wajib Memanfaatkan Transformasi Digital

Transformasi digital adalah istilah yang digunakan untuk perubahan dari sebuah bisnis dalam strategi, produk, atau hal lainnya yang merujuk pada perubahan berbasis digital.

Contohnya adalah percetakan buku yang kemudian berubah merilis buku digital atau e-book. Transformasi digital ini sebenarnya tak hanya diperlukan untuk perusahaan besar, tetapi juga UKM dengan biaya yang lebih kecil.

Mengapa? Berikut tiga alasan mengapa UKM wajib memanfaatkan transformasi digital. Tak hanya soal biaya promosi, tetapi juga efektivitas pencapaian konsumen.

Kemudahan Promosi dengan Biaya Rendah

Hal pertama tentu adalah tentang promosinya. Bila sebelum transformasi digital biaya promosi tergolong tinggi, apalagi ketika Anda melakukan promosi di media cetak atau televisi kini hal tersebut tak perlu terjadi.

Pasalnya, dengan adanya transformasi digital, para penggiat UKM tak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak untuk promosi. Bahkan bila dilakukan dengan benar, biaya tidak perlu dikeluarkan sama sekali.

Namun terkadang memang tak dipungkiri, Anda perlu mengeluarkan biaya (yang lebih rendah dari biaya ketika berpromosi menggunakan media cetak) untuk melakukan pemasaran yang lebih efektif.

Konsumen yang Makin Mudah Dijangkau dengan Strategi Pemasaran yang Berfokus Pada Digital

Selain tentang biaya promosi yang rendah, konsumen pun akan makin mudah dijangkau. Utamanya untuk UKM yang memiliki pasar target anak muda dan/atau kaum millennial.

Mereka yang melek teknologi umumnya menggunakan internet (utamanya media sosial) lebih dari enam jam per-hari. Tak heran bila banyak sekali iklan yang berfokus pada penyebaran media sosial dewasa ini.

Baik untuk iklan dari merek besar seperti merek olahraga ternama, Adidas atau merek kelas menengah ke bawah.
Apalagi dengan besarnya waktu yang digunakan oleh kaum millennial dan generasi Z di dunia maya.

Baca juga:  5 Pertanyaan Ini Bisa Menentukan Transformasi Digital Anda

Sehingga, tak heran bila banyak sekali perusahaan besar ataupun kecil yang mulai memfokuskan strategi mereka ke dunia digital.

Beberapa sosial media, seperti Facebook dan Instagram bahkan memberikan kemudahan untuk Anda dalam melihat hasil dari tiap unggahan. Sehingga, Anda bisa menganalisis tiap unggahan Anda nantinya untuk efektivitas transformasi digital UKM yang lebih baik.

Transaksi Dipermudah dengan Pengawasan yang Bisa Dilakukan Dua Arah

Tak hanya kemudahan untuk melakukan promosi juga untuk menjangkau konsumen, Anda pun bisa dengan mudah melakukan dan mengawasi transaksi yang sedang berjalan.

Konsumen Anda pun juga bisa melakukan pengawasan terhadap barang yang mereka beli. Hebatnya lagi, Anda tak perlu susah-susah untuk melakukannya, karena umumnya tracking akan paket yang dikirim dilakukan oleh pihak ekspedisi.

Sehingga, Anda hanya perlu memberikan nomor resi pada konsumen dan mereka bisa melakukan tracking barang mereka sendiri. Inilah ragam alasan mengapa UKM wajib memanfaatkan transformasi digital.

Semua bisa digunakan untuk mendatangkan profit lebih banyak pada usaha yang sedang Anda lakukan Jangan ragu untuk melakukan trial and error, selama tidak berpengaruh pada omzet dan biaya yang harus dikeluarkan.

Bila perlu, Anda bisa meng-hire pegawai yang khusus menangani promosi di media sosial. Jangan lupa juga, Anda pun membutuhkan website yang baik untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Agar tidak salah membuatnya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website seperti ProgressTech.

ProgressTech sudah dipercaya oleh banyak klien dalam membuat website, bahkan aplikasi mobile yang baik dan mudah digunakan. Sehingga, Anda tak perlu takut dengan hasil yang tak memuaskan ketika sudah menggunakan jasa mereka.

Sumber:
Risetop: What is and why is Digital Transformation Essential for Small Business Owners?

Baca juga:  Transformasi Digital Bisa Jadi Gagal, Ini 3 Alasannya