tren desain web

10 Tren Desain Web di Tahun 2017

Website sebagai sebuah industri bisnis yang terus berkembang dan selalu mengalami perubahan dalam segi desain. Perubahannya pun dari waktu ke waktu terkadang tak bisa diprediksi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Memasuki tahun 2017 ini, para web desainer pun menunggu adanya tren terbaru dalam dunia web design. Namun, biasanya terdapat perubahan pada UI dan UX design atau yang lebih dikenal dengan user interface dan user experience.

Untuk itu, berikut 10 tren desain web yang perlu dipersiapkan di tahun ini.

1. Interaksi Micro-Mini

Konsep interaksi mikro sudah banyak menarik perhatian para desainer website sejak tahun 2015. Interaksi mikro memungkinkan sebuah desainer membuat UI yang lebih menarik. Konsep ini pun kemudian digunakan sebagai konsep dasar dari desain website.

Mengingat banyaknya perkembangan yang terjadi pada aplikasi dan layanan website, maka konsep interaksi micro-mini diharapkan dapat diterapkan pada semua desain website. Dengan demikian interaksi individu yang terjadi bisa lebih banyak dilakukan dengan ukuran bit yang lebih kecil.

2. Perkembangan Aplikasi Cuaca

Salah satu hal yang ingin Anda ketahui ketika baru bangun dari tidur adalah cuaca yang akan menemani kegiatan Anda sepanjang hari. Faktor cuaca bisa secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kinerja dan perencanaan Anda.

Di tahun 2017, masyarakat cenderung ingin mendapatkan informasi mengenai cuaca. Pasalnya mereka ingin mempersiapkan segala sesuatu terlebih dahulu sebelum memulai hari mereka dengan cuaca tertentu.

Misalnya, membawa payung jika cuaca akan mendung, atau membawa botol air jika cuaca diprediksi akan panas sepanjang hari. Jadi ekspektasi tahun ini, akan lebih banyak desainer UX yang fokus pada pengembangan aplikasi mobile berbasis ramalan cuaca.

Baca juga:  Panduan Cara Membeli Domain untuk Pemula

3. Pendekatan Perangkat Mobile

Semakin bertambahnya pengguna perangkat mobile atau smartphone mendorong perusahaan-perusahaan terkait untuk mengembangkan pendekatan produk mereka.

Pasalnya saat ini pengguna melakukan hampir segala sesuatunya melalui perangkat mobile, mulai dari berkomunikasi, berbelanja hingga bekerja.

Untuk itu, para desainer website diharapkan akan terus mengembangkan desain mobile friendly pada setiap desain yang dibuat. Pendekatan ini juga akan memberikan wawasan kepada pemilik website mengenai apa saja konten dan pesan utama yang harus mereka buat bagi pengguna.

Terlebih bagi sebuah perusahaan, terdapat banyak sekali manfaat penggunaan website mobile friendly yang bisa menunjang bisnis.

4. Komunikasi Website yang Interaktif

Website dengan pesan atau informasi yang interaktif dapat menarik banyak pengunjung. Beberapa tren konten interaktif yang dapat Anda gunakan pada website Anda di tahun 2017 diantaranya :

Video

Penggunaan video untuk mengkomunikasikan pesan brand Anda kepada pengguna banyak dilakukan oleh pemilik maupun desainer website, apalagi di tahun 2017.

Bots

Untuk mendapatkan UI yang interaktif dan natural, desainer website banyak bereksperimen dengan menggunakan chatbots. Fitur ini digunakan untuk menciptakan tingginya tingkat interaksi antara website dan pengguna.

Animasi

Perkembangan HTML5, CSS dan JQuery memungkinkan brand untuk memasukkan unsur animasi pada website mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan engagement dengan pengguna.

5. Responsive Web Design (RWD) yang Lebih Efektif

Walaupun bukan hal baru, namun pada tahun 2017 diprediksikan akan semakin banyak brand yang membangun website dengan konsep RWD.

Responsive Web Design

RWD membuat sebuah website menjadi dinamis sehingga bisa dibuka dalam setiap perangkat dengan tampilan yang disesuaikan.

6. Feedback Hapnotic

Feedback haptic adalah sebuah teknologi yang mengacu pada penggunaan sentuhan dalam UI. Misalnya seperti keyboard virtual, dimana pengguna memberikan umpan balik ketika menyentuh keyboard tersebut. Di tahun 2017, teknologi ini diyakini akan terus berkembang.

Baca juga:  Cara Membuat Website User Friendly

Salah satu modifikasi pada teknologi ini adalah feedback hapnotic. Artinya adalah kondisi dimana pengguna bisa menggunakan getaran dan detak jantung yang akan mengarahkan mereka pada sebuah tombol atau keluar dari sebuah halaman.

Walaupun masih dalam tahap eksperimen, namun teknologi ini diperkirakan akan siap dalam 12 bulan ke depan.

7. Gambar dan Tipografi Original

Anda pasti pernah melihat beberapa website dengan konten ataupun cara kerja yang mirip satu sama lain. Hal ini disebabkan pemilik atau desainer website menggunakan gambar, video atau ikon gratis pada website mereka.

Sehingga, memproduksi aset atau konten original sangat dinantikan pada tahun 2017.

Tipografi Unik

Sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi kepribadian brand Anda, maka buat sendiri tipografi yang Anda inginkan. Penggunaan tipografi pada tahun 2017 diperkirakan akan berukuran besar dan digambar dengan tangan.

Ilustrasi Personalisasi

Ilustrasi yang unik dan menarik banyak mendapat perhatian di internet. Bahkan beberapa menggunakan ilustrasi sebagai konten visual utama mereka untuk menciptakan identitas mereka di pasar.

Fotografi Otentik

Fotografi tetap menjadi bagian pokok dari desain sebuah website. Beberapa brand saat ini membuat strategi dengan mengkurasi gambar berkualitas tinggi untuk menarik pengguna dan menekankan pesan brand mereka.

8. Flat Design

Bahan desain dari Google masih dianggap sebagai cara terbaik untuk digunakan dalam industri perangkat mobile yang sangat mendominasi saat ini. Dengan warna dan desain yang sederhana, pengguna dapat berinteraksi dengan lebih lancar dan intuitif dengan website.

Selain itu, UI lainnya yang efektif berdasarkan bahan desain dari Google adalah Card. Bentuk ini kemudian dipopulerkan oleh Pinterest. Card cocok digunakan dalam RWD karena kemampuannya untuk diakses dengan gerakan sederhana.

Baca juga:  Jenis Ekstensi Domain

9. Parallax Scrolling

Perubahan tren desain website lainnya di tahun 2017 adalah penggunaan parallax scrolling pada website. Parallax scrolling adalah teknik tertentu yang bisa memberikan ilusi 3D pada pengguna website.

Hal ini sangat berguna bagi brand yang ingin memiliki faktor unik dan dinamis pada website mereka.

10. Analisis Kinerja

Analisis Website

Pada tahun 2017, akan lebih banyak brand yang mempertimbangkan metrik kinerja website mereka. Dengan adanya informasi mengenai hal-hal yang harus Anda perbaiki (pada website), maka Anda bisa meningkatkan desain dan fungsi website menjadi lebih efektif bagi bisnis.

Sumber:
Business2Community: 10 Web Design Trends & Predictions For 2017 [Infographic]