tren digital marketing 2018

8 Tren Digital Marketing Terbaru di Tahun 2018

Bisnis saat ini sangat mengandalkan teknik pemasaran digital, mengingat terus berkembangnya teknologi dan peningkatan jumlah penggunaan media sosial.

Tren digital marketing sebenarnya sudah populer selama beberapa tahun ini, namun setiap waktunya dunia digital marketing terus mengalami perubahan.

Agar tidak tertinggal dan membuat bisnis Anda mengalami kendala (khususnya dalam aspek pemasaran), sebaiknya Anda mengetahui tren digital marketing untuk tahun 2018 berikut ini:

Live Story Instagram

Fitur Instagram ini sangat disukai dan digunakan oleh banyak orang. Walaupun konsep video live story ini juga diterapkan oleh media sosial lain seperti Snapchat, namun pengguna media sosial tampaknya lebih aktif ketika menggunakannya via Instagram.

Dengan live video, pebisnis dapat membangun engagement dengan para follower secara langsung karena konsep ini mendasarkan rasa keingintahuan orang lain. Para follower akan penasaran dengan kegiatan apa yang sedang dilakukan orang lain, termasuk brand Anda.

Influencer Marketing

Tren digital marketing yang akan banyak digunakan selama tahun 2018 adalah influencer marketing. Jenis tren digital marketing yang digemari selama tahun 2017 ini diperkirakan akan semakin besar pada tahun 2018.

Berbeda dari sistem endorse yang bekerja sama dengan selebritis tertentu, influencer marketing dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Anda bisa mencari influencer media sosial yang memiliki banyak follower, dengan begitu pengeluaran Anda tak akan sebesar jika Anda harus membayar selebritis.

Jika cara ini dilakukan terus menerus, maka kolaborasi antara brand Anda dan para follower dapat berkembang menjadi kesepakatan kerja sama. Misalnya saja mereka setuju untuk terus mempromosikan produk/jasa Anda dengan barter menggunakan produk/jasa Anda tanpa adanya bayaran tambahan.

Hubungan Baik dengan Pembeli

Jika pemasaran tradisional hanya fokus kepada upaya penjualan produk/jasa, maka kali ini Anda sudah harus melakukan yang berbeda, yaitu menjalin hubungan baik dan keterlibatan dengan pembeli.

Baca juga:  Cara Membuat Video Marketing Murah

Saat ini banyak brand yang sudah menyadari perlunya mengikuti tren digital marketing yang ada. Untuk itu mereka berupaya meningkatkan keterlibatan atau engagement dengan pembeli secara online. Misalnya saja melalui review produk, testimonial, percakapan melalui media sosial dan lainnya.

Pengguna media sosial lebih tertarik dengan komunikasi secara online. Manfaatkan hal ini dengan cara membuat konten yang menarik dan unik, sesuatu yang benar-benar akan diminati follower Anda. Ketika follower merasa lebih dekat dengan brand Anda, kesempatan mereka melakukan transaksi akan lebih besar.

Konten yang Terhubung dengan Pembeli

Salah satu elemen terpenting dalam tren digital marketing adalah konten, baik teks, gambar maupun video. Konten lah yang akan mendorong keputusan pembeli untuk melakukan transaksi dengan Anda.

Salah satu contohnya adalah brand Nike yang selalu berhasil melibatkan pengguna dan mendapat keuntungan besar. Nike selalu menyajikan konten unik, asli dan menarik sehingga membantu dalam mencapai tujuan akhir, yaitu transaksi penjualan.

Tujuan apapun yang ingin Anda capai, selalu ingat bahwa konten sangat berperan besar.

Twitter Mulai Ditinggalkan

Walaupun masih banyak penggunanya, namun Twitter perlahan dikalahkan oleh media sosial lain terutama Instagram.

Fakta menunjukkan bahwa konten yang disebar melalui Twitter hanya bertahan sekitar 1 menit saja. Hal ini berarti, postingan Anda di Twitter akan mudah diabaikan oleh follower dan tentu saja bisa sangat merugikan bisnis yang menggunakannya.

Sejak Instagram mengubah algoritma untuk menampilkan “interest based pictures first”, Instagram berhasil menjadi platform medeia sosial yang paling banyak digunakan oleh publik di seluruh dunia. Kondisi ini diperkirakan akan terus meningkat selama tahun 2018.

Video

Konten video selalu menjadi konten yang lebih menarik untuk disaksikan dibandingkan hanya gambar atau teks biasa. Konten video live story, boomerang atau lime lapses misalnya, sudah tak asing lagi digunakan oleh personal maupun bisnis untuk menciptakan engagement dengan follower.

Baca juga:  Google AMP: Mempercepat Kinerja Website

Banyaknya elemen dari sebuah video memiliki ketertarikan sendiri bagi orang lain, sehingga konten video dalam upaya digital marketing akan membantu Anda untuk mendapat lebih banyak engagement.

Meningkatnya Penggunaan Chabot

Chatbot akan semakin menggantikan peran customer service dalam melayani pelanggan karena terus dipersonalisasi. Bot diprogram untuk beradaptasi dalam percakapan dan mengekspresikan sesuatu.

Meningkatnya kebutuhan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan dengan mudah menuntut penggantian manusia (customer service) dengan mesin yang mampu membalas pertanyaan pelanggan dan mampu memberikan solusi atas suatu masalah.

LinkedIn Digunakan untuk Bisnis

LinkedIn akan menjadi platform media sosial terbaik bagi pemasar B2B (Business to Business) dalam menjalankan kampanye digital marketing di tahun 2018. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh LinkedIn memungkinkan pemasar B2B mempeluas jangkauan ke target yang tepat dengan cara instan.

Sumber:
RedAlkemi: Digital Marketing Trends That Will Rule in 2018!