ui dan ux design

Perbedaan Mendasar Antara UI dan UX Design

Jika membaca tulisan ini, kemungkinan besar Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang desain website. Dalam pembuatan website, terdapat dua komponen penting yang perlu diperhatikan, yakni User Interface (UI) dan User Experience (UX) Design.

Banyak orang menganggap bahwa keduanya merujuk pada hal yang sama. Padahal, sebetulnya UI dan UX Design adalah dua hal yang berbeda, baik dari segi pengertian dan fungsinya.

Apa Itu UI dan UX Design?

UI Design adalah desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak seperti komputer, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya. Jika dihubungkan dengan website, UI Design lebih mengarah pada bagaimana suatu website atau aplikasi yang Anda buat terlihat seperti apa.

Umumnya, orang menyebut UI sebagai tampilan atau desain sebuah website karena memang ia “bertanggung jawab” atas layout desain, tombol, gambar, ilustrasi, dan semua yang berhubungan dengan visual.

Sedangkan, UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi tertentu melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX Design inilah yang membuat suatu website bisa digunakan dengan mudah sehingga tidak membingungkan pengguna.

Bisa dikatakan bahwa UX mencakup keseluruhan elemen dari suatu website: apakah website tersebut sudah tersusun dan terstruktur secara baik atau belum, bagaimana tingkat kemudahan untuk pindah dari satu halaman ke halaman lain, dan sebagainya.

Keduanya Merupakan Bagian dari Human Computer Interaction

Meski UI dan UX Design adalah komponen yang berbeda, keduanya masih memiliki kesamaan, yakni merupakan bagian dari Human Computer Interaction (HCI). Saat seseorang menggeser mouse, menekan keyboard, atau menggeser layar smartphone, sebetulnya mereka telah melakukan interaksi dengan komputer.

Semakin canggih teknologi yang berkembang, interaksi manusia dengan komputer pun akan semakin menarik dan terkesan natural. Contoh sederhananya adalah fitur personal assistant pada smartphone yang memungkinkan Anda untuk “berbicara” dengan perangkat Anda.

Baca juga:  Buat Website Sendiri Dengan Mudah

Nah, demi meningkatkan interaksi antara manusia dan perangkat komputer, kita harus membuat komputer yang lebih mudah digunakan untuk manusia dan menciptakan desain yang ramah pengguna. Di sinilah UI dan UX Design masuk dan berperan penting terhadap HCI.

Tujuan Penerapan UI dan UX Design

Visualisasi merupakan kunci dari UI Design. Tujuan utama dari penerapan UI Design adalah menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik, mulai dari segi font, warna, gambar, dan sebagainya.

Dengan desain interface yang seragam dan konsisten, pengguna diharapkan dapat lebih tertarik untuk menggunakan suatu website.

Sementara itu, tujuan utama dari UX Design adalah membuat suatu website atau aplikasi jadi lebih mudah digunakan oleh user. UX Design dituntut untuk menjadi “jembatan” agar UI Design mampu bekerja sama dengan sistem.

Ia harus memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan jelas dan logis. Tentunya diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan dan kebiasaan pengguna terhadap website.

UX Design Memiliki Ranah yang Lebih Luas

Karena fungsinya tersebut, UX Design memiliki ranah yang cenderung lebih luas dari UI Design. Idealnya, UX Design dimulai dengan riset audiensi hingga akhirnya kebiasaan audiensi tersebut diimplementasikan ke dalam sebuah interface atau UI Design. UX Design adalah “alasan” mengapa UI Design menghasilkan desain tertentu pada interface mereka.

Misalnya, pada desain interface suatu website, Anda melihat sebuah tombol sign up berwarna hijau yang diletakkan di bagian kanan halaman. Tombol tersebut berada di dalam sebuah gambar dengan background cukup kontras.

Jika Anda memutuskan untuk menge-klik tombol tersebut, artinya UX Design telah berhasil menyesuaikan mindset dengan perilaku pengguna.

Itulah beberapa perbedaan mendasar antara UI dan UX Design. Ingat, UI dan UX Design adalah dua hal yang berbeda, tetapi sama-sama memberi peran besar terhadap kemudahan penggunaan website Anda.

Baca juga:  13 Tips Membuat Navigasi Website yang Baik

Keduanya mendukung satu sama lain untuk meningkatkan kegunaan website Anda sehingga pengguna betah berlama-lama di sana.