Web Design Tool Gratis yang Bisa Anda Gunakan

Keberadaan website sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang, terutama bagi para pelaku bisnis baik perorangan maupun perusahaan. Bagi Anda yang ingin membuat website untuk meningkatkan bisnis, berikut ada beberapa web design tool yang bisa digunakan. Tidak hanya itu saja, web design tool ini juga memberikan layanan secara gratis sehingga memudahkan Anda, termasuk pula bagi pemula.

 

Wix.com

Wix.com merupakan platform pengembangan website berbasis cloud untuk memungkinkan penggunanya membuat situs website HTML5. Penggunanya dapat menambahkan berbagai fitur lain seperti tautan media sosial, e-commerce, formulir kontak, dan berbagai hal penting lainnya yang menunjang keperluan Anda. Tidak hanya membuat website, Wix juga memungkinkan pengguna untuk melakukan optimasi di website-nya.

Wix.com memang menyasar pemula sehingga tidak terlalu rumit digunakan. Ada sekitar lebih dari lima ratus template yang dapat Anda pilih dan gunakan dalam website. Model yang digunakan Wix.com adalah freemium, yakni menawarkan program dasar secara cuma-cuma kepada para penggunanya. Sementara untuk fitur selanjutnya atau premium, Anda harus membayar.

Website Builder

 

 

Berikutnya adalah Websitebuilder.com. Di sini terdapat ribuan template yang dapat Anda pilih sesuai dengan keperluan website yang akan dibuat. Cara membuatnya pun cukup mudah dan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Websitebuilder.com juga menawarkan beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan. Contohnya seperti membuat nama domain sendiri, termasuk pula tools untuk analisis website dalam melihat traffic. Seperti yang tertera di website resminya, Website Builder ini juga memberikan tiga langkah mudah dalam membangun website, yakni dengan memilih template, mengedit website yang sudah dibuat, dan terakhir dengan mem-publish website.

Bootstrap

 

 

Baca juga:  11 Website untuk Belajar Desain Grafis Secara Gratis

Website lainnya yang dapat Anda pilih adalah Bootstrap yang dikembangkan sejak pertengahan 2010 di Twitter. Kini, Bootstrap dikembangkan secara open source dan memiliki lisensi MIT. Keunggulannya adalah menyediakan banyak CSS dan Plugin Javascript serta HTML yang bisa langsung Anda gunakan.

Anda tidak harus menulis semua kode CSS mulai dari nol karena sudah tersedia. Termasuk pula untuk tombol, form, dan jenis font untuk tulisan di dalam website. Melihat segala kemudahan yang ditawarkan oleh Bootstrap ini, maka tidak mengherankan hingga kini Bootstrap menjadi salah satu framework yang paling banyak digunakan di dunia.

Google Web Designer

 

 

Google juga menawarkan sebuah framework dalam membangun website yang bisa Anda gunakan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda tidak perlu memasukkan coding terlebih dahulu. Animasi HTML 5 pada Google Web Designer ini akan muncul dengan rapi sehingga memudahkan para pembaca.

Keunggulan lain dari HTML 5 Google Web Designer adalah dapat dijalankan di platform berbasis iOS, Android, BB10, Lumia, hingga Firefox OS. Karena bisa digunakan di semua platform, pengguna dapat leluasa menggunakannya dan dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan begitu, framework dari Google ini dapat diandalkan untuk keperluan bisnis Anda.

Weebly

 

 

Sama halnya dengan framework sebelumnya, Weebly juga merupakan penyedia jasa pembuatan situs dengan layanan gratis dan Anda bisa menggunakannya. Selain itu, Anda pun bisa memilih domain dan tema sendiri yang jumlahnya ratusan. Keunggulan lainnya adalah bisa kustomisasi dengan theme editor.

Keberadaan Weebly ini sangat cocok untuk website profil bisnis perusahaan maupun personal. Weebly ini terbilang ringan dan sederhana sehingga sangat membantu bagi para pemula untuk menghindari sistem CMS yang rumit. Kemudian, Weebly juga dapat terintegrasi ke domain di luar platform mereka.

Kini, setelah mengetahui beberapa Web Design Tool gratis di atas, mana yang akan Anda coba gunakan? Share with us!

Sumber:
Practicalecommerce: 22 Free Web Design Tools from Summer 2018

Baca juga:  Membuat Website atau Aplikasi Mobile untuk Bisnis Anda, atau Keduanya?