Membuat Website atau Aplikasi Mobile untuk Bisnis Anda, atau Keduanya?

Membuat Website atau Aplikasi Mobile untuk Bisnis Anda, atau Keduanya?

Revolusi Industri 4.0 membuat banyak aspek kehidupan bergantung pada internet. Begitu juga dengan dunia bisnis. Anda tentunya membutuhkan promosi dengan cepat dan mudah. Untuk itulah diperlukan website dan aplikasi mobile. Di antara keduanya, terkadang Anda merasa bingung memilih platform yang mana. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, Anda bisa menyimak ulasan berikut. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa membuat website dan aplikasi mobile secara langsung juga sangat mungkin diterapkan.

 

 

Ketahui Perbedaan Keduanya Terlebih Hahulu

Website pada umumnya terdiri dari halaman HTML berbasis browser yang bisa terhubung dan diakses lewat internet. Ada dua jenis website, yakni website mobile dan website standar. Website standar dirancang untuk perangkat berkapasitas cukup besar seperti komputer, laptop, atau tablet. Sedangkan untuk website mobile dibuat lebih sederhana karena digunakan untuk smartphone, baik menampilkan teks, gambar, data maupun video.

Sementara itu, aplikasi adalah sebuah tools untuk mengakses hal-hal tertentu melalui smartphone. Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu lewat sebuah portal khusus seperti melalui Apple App Store, Play Store, dan sebagainya. Sama seperti website, aplikasi mobile memiliki kelebihan, baik dengan cara mengunduhnya saat terkoneksi dengan internet atau bisa diakses tanpa menggunakan koneksi internet.

Waktu yang Tepat dan Tujuan untuk Membuatnya

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk membuatnya. Selain itu, penting pula untuk memperhatikan apa tujuan pembuatan website atau aplikasi mobile untuk bisnis.

Kita kupas dari aplikasi mobile terlebih dahulu. Jika Anda menginginkan untuk kebutuhan sehari-hari, aplikasi mobile lebih tepat. Semisalnya saja untuk keperluan komunikasi, alat bantu menyelesaikan tugas, pembayaran, hingga transportasi. Sedangkan jika bertujuan untuk hiburan, baik yang memerlukan koneksi internet maupun tidak, Anda bisa membuat aplikasi mobile seperti pemutar musik, game, dan sebagainya. Aplikasi mobile juga cocok bagi Anda yang memiliki bisnis seputar portal informasi seperti media sosial atau situs berita.

Lalu, bagaimana dengan website? Akan lebih baik jika Anda membuat website bisnis terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan orang akan tertarik membaca dan melihat website. Setelah semakin banyak yang mengunjungi website bisnis, maka pertimbangkanlah untuk membuat aplikasi mobile-nya. Tentu ini bertujuan untuk semakin memudahkan calon konsumen. Namun, ada pula yang melakukan hal sebaliknya. Ini lebih ditentukan dari besar atau kecilnya bisnis yang Anda kelola, mengingat pembuatan keduanya membutuhkan biaya yang sama-sama tidak sedikit.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam memasang website dan aplikasi mobile atau keduanya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa di antaranya, baik untuk website dan aplikasi mobile.

Website

Pengguna dapat mengakses website dengan sebuah browser yang ada pada PC maupun smartphone yang sudah ter-install secara otomatis, mengingat mengakses website membutuhkan koneksi internet terlebih dahulu. Kecepatan akses website tergantung pada kecepatan koneksi internet. Semakin cepat koneksinya, maka semakin lancar pula Anda bisa mengakses website.

Website juga memiliki keterbatasan, seperti dalam hal akses ke kamera dan sebagainya. Namun, kelebihannya adalah pembuatannya lebih murah dan konten terindeks oleh mesin pencari serta tidak bergantung pada perangkat apapun.

Aplikasi Mobile

Keunggulan aplikasi mobile terletak pada kemampuannya yang dapat digunakan saat offline, tergantung aplikasinya. Dari segi tampilan grafisnya bisa dibilang lebih baik dan dapat menggunakan fitur lainnya seperti kamera dan sebagainya. Selain itu  aplikasi mobile juga cukup cepat menghasilkan uang.

Namun, disisi lain terdapat kekurangan seperti konten yang tidak terindeks oleh mesin pencari dan hanya bergantung pada device tertentu. Biaya pembuatannya juga tidak murah dan membutuhkan biaya tambahan untuk update.

Bagaimana jika Membuat Keduanya?

Memasang website atau aplikasi mobile sama-sama memiliki keuntungan yang lebih bagi bisnis Anda. Dengan keduanya, Anda bisa memperluas jangkauan promosi, tidak hanya dalam negeri saja melainkan hingga mancanegara. Anda bisa menawarkan produk atau jasa bisnis secara online kapan saja dan di mana saja, mengingat masyarakat di dunia setiap saat pasti mengakses internet selama tujuh hari 24 jam. Oleh karena itu, buatlah jadwal untuk membuat postingan yang menarik melalui website atau aplikasi mobile bisnis.

Selanjutnya adalah mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Masyarakat pasti ingin tahu produk apa saja yang Anda tawarkan beserta keunggulannya. Website atau aplikasi mobile dapat memberikan informasi tersebut secara cepat kepada masyarakat. Tidak hanya itu, bahkan keduanya juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi lainnya seperti lowongan pekerjaan dan sebagainya.

Menekan biaya pengeluaran sudah pasti bisa Anda peroleh dengan menggunakan keduanya. Memang, di awal pembuatan mungkin terbilang sedikit mahal. Namun, coba bandingkan dengan jika Anda menggunakan promosi konvensional. Biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi dan Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pemasaran, promosi, dan penawaran kepada konsumen.

Baik memasang website atau aplikasi mobile, semua tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Memasang keduanya dimungkinkan jika bisnis Anda sudah banyak dikenal dan memiliki keuangan yang stabil. Jadi, mau pilih yang mana?

Sumber:
Digitalentrepreneur: Penting! Membuat website / aplikasi mobile untuk bisnis Anda ? Atau keduanya ?

Baca juga:  Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda